Sukses

Beauty

Tips Tampil Natural dan Cantik dengan Lipstik Nude Menurut Ahlinya

Fimela.com, Jakarta Tren warna nude tampaknya tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Pasalnya, warna natural ini merupakan shade yang 'serba guna'. Warnanya pas untuk dipakai sehari-hari, maupun untuk acara spesial. Meski begitu, warna nude tergolong tricky karena jika warna yang dipilih keliru, hasilnya justru akan membuat kamu tampak pucat. Untuk menghindari kesalahan-kesalahan lainnya, simak tips tampil cantik dengan lipstik nude menurut ahli makeup di bawah ini!

Menyesuaikan warna bibir

Tiap orang dikaruniai dengan pigmentasi yang berbeda-beda bahkan pada bagian bibir. Beberapa orang memiliki bibir yang pucat sementara yang lain senantiasa pink. Warna ini juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang diadopsi seperti merokok hingga kebiasaan buruk menggigit bibir atau mengelupas kulit kering pada bibir.

Linda Cantello, makeup artist internasional untuk Armani Beauty menuturkan pada Elle tentang pemilihan warna lipstik nude yang disesuaikan warna bibir. Pada bibir yang berwarna pink alami, menggunakan lipstik nude yang terlalu pucat justru membuat tampilan bibir menjadi abu-abu.

Mencocokkan dengan undertone

Berbeda dengan eyeshadow yang tidak perlu dicocokkan dengan undertone, untuk mendapatkan riasan bibir yang menawan dengan lipstik nude, kamu harus memasukkan undertone dalam pertimbangan sebelum memilih warna nude.

Menurut Daniel Barton, makeup artist yang mendkamuni Meghan Markle pada Teen Vogue, kamu yang memiliki kulit putih cocok menggunakan lipstik nude yang mengandung hint pink di dalam formulanya.Jika kamu memiliki warm undertone, Neil Scibelli, makeup artist yang sering berkolaborasi dengan selebriti menyarankan agar kamu memilih lipstik nude dengan nuansa yang menyerupai undertone. Hal ini disebabkan beberapa warna yang justru bisa terlihat abu-abu atau pucat saat disematkan pada kulit dengan complexion yang tak sesuai.

Memilih tekstur lipstik yang tepat

Tak hanya perihal warna, tapi tekstur pun berperan penting dalam riasan bibir bernuansa nude yang menawan. Bila kamu cenderung memiliki lipstik yang mudah kering, hindari perona bibir dengan formula matte. Tapi tak perlu juga untuk memilih warna nude yang terlalu glittery karena dapat membuat bibir terlihat abu-abu.Untuk mengatasinya, pilih lipstik dengan formula creamy agar bibir terlihat lembut dan sehat. kamu juga bisa mempertahankan look yang lembap pada bibir dengan mengaplikasikan lipgloss dari waktu ke waktu.

Tak perlu menggunakan foundation

kamu mungkin menyadari beberapa beauty influencer yang kerap memakai foundation sebelum mengaplikasikan lipstik. Foundation ini digunakan sebagai lip primer. Sementara itu, Linda Cantello mengungkapkan bahwa ia tidak menyukai teknik ini.

Trik seperti ini memang familiar digunakan para makeup artist di masa lalu. Namun dengan teknologi makeup yang semakin berkembang, tampaknya kamu tak lagi perlu menggunakan concealer atau foundation sebelum memakai lipstik.

Neil Scibelli pun mengutarakan hal yang serupa, penggunaan foundation pada bibir bisa membuat riasan di area tersebut tampak cakey. Jika membutuhkan warna yang lebih pucat, kamu bisa menambahkan warna beige muda untuk memberikan dimensi lebih pada bibir.

Penyesuaian dengan riasan keseluruhan

Terakhir, riasan pada bibir hanyalah bagian kecil dari keseluruhan look kamu. Untuk mendapatkan penampilan natural yang tetap cantik, kamu juga harus menyesuaikan warna lipstik dengan riasan di area lain seperti eyeshadow dan blush on.

Jika sudah menggunakan lipstik berwarna nude, kamu bisa sedikit berkreativitas dengan eye makeup. Gunakan warna-warna yang sedikit lebih menyala secukupnya untuk menonjolkan penampilan kamu.

Maddie North, makeup artist para selebriti Hollywood pun setuju. Ia menceritakan bahwa dalam riasan bibir yang nude, keseimbangan dengan bagian wajah lain sangatlah penting. Menambahkan blush pada kulit yang cenderung cerah bisa memberikan nuansa beige pada riasan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Pilihan Parfum Aroma Citrus Bagi Penyuka Wewangian Segar
Artikel Selanjutnya
Alasan Retinol Merupakan Kandungan Skincare yang Istimewa