Sukses

Beauty

Sering Menggaruk Rambut dari Balik Hijab Karena Ketombe? Begini Solusinya!

Fimela.com, Jakarta Memutuskan untuk berhijab bukan berarti harus mengurangi aktivitas. Segudang kegiatan pun bisa tetap dijalani, tapi sayangnya ada saja gangguan yang kerap melanda, salah satunya muncul dari rambut di balik hijab. Jangan biarkan kondisi rambut lepek sampai mengganggu keseharianmu, beberapa tips berikut ini wajib banget dicoba oleh para hijabers.

Pilih Bahan Hijab yang Tepat

Salah pilih bahan hijab bisa bikin gampang gerah dan rambut pun lebih mudah lembap dan lepek. Untuk menjalani aktivitas yang cukup padat atau sering menghabiskan waktu di luar ruangan, pilih hijab berbahan katun yang mendukung kelancaran sirkulasi udara. Selain itu, pilih model jilbab yang simpel untuk menghindari kulit kepala mudah berkeringat dan memicu rambut jadi lepek.

Pastikan Rambut Kering Sebelum Berhijab

Sering buru-buru mengenakan hijab walau rambut masih belum benar-benar kering usai keramas? Sebaiknya hindari kebiasaan ini karena membuat kulit kepala rentan berminyak dan rambut jadi lepek. Pastikan rambut sudah dalam kondisi kering sebelum menutupnya dengan hijab. Jika perlu, keringkan dengan hairdryer tapi batasi pemakaiannya agar rambut tidak mudah rusak akibat terlalu sering terkena panas alat penata rambut.

Jaga Kebersihan Hijab

Punya jilbab favorit yang sering dipakai? Saking nyaman dan mudah dipadupadankan dengan busana yang akan dikenakan, nggak jarang kamu terus-menerus menggunakan hijab yang sama. Tapi enggan mengganti hijab atau ciput bisa menimbulkan masalah baru, mulai dari rambut lepek, bau, hingga ketombe. Selalu rutin ganti hijab atau ciput, terutama yang sudah dipakai seharian atau sedang banyak berkeringat untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut.

Rutin Cuci Rambut

Rambut yang tertutup hijab memang seringkali membuatmu gerah dan berkeringat, apalagi di tengah cuaca yang sedang panas-panasnya. Supaya tak bermasalah dengan rambut lepek dan bau, rutin keramas minimal tiga kali dalam seminggu. Selain itu, hindari mencuci rambut menggunakan air yang terlalu panas karena justru membuat rambut jadi berminyak dan gampang lepek.

Gunakan Shampo Anti-Ketombe dan Anti-Lepek Khusus Hijaberss

Menurut Essy Prita Cinta, CLEAR Senior Brand Manager, PT Unilever Indonesia Tbk, secara ilmiah suhu kulit kepala dari balik hijab 0,5 Celcius lebih panas, serta memiliki tingkat kelembapan 20 RH lebih rendah daripada perempuan yang tak berhijab. Hal ini dapat menyebabkan keringat berlebih, kulit kepala jadi berminyak, hingga memicu tumbuhnya jamur kulit, seperti Malassezia.

Nah, Malassezia ini dapat menyebabkan munculnya ketombe pada kulit kepala, kerontokan rambut, hingga masalah rambut lepek lebih-lebih buat para hijabers yang tinggal di negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Teori yang diungkapkan Essy itu pun selaras dengan survei global yang dilakukan Ipsos pada 2018, jika para hijabers di Indonesia membutuhkan shampoo khusus yang bisa mengatasi masalah ketombe, rambut rontok, hingga rambut lepek.

Menjawab hal tersebut, CLEAR meluncurkan CLEAR Hijab Pure yang diformulasikan khusus untuk para hijabers. Shampo ini mengandung cooling gel, habatussauda, fresh rose, ekstrak micellar water dan daun mint yang efektif untuk mengatasi 3 masalah rambut dari balik hijab, yaitu ketombe, rambut rontok dan lepek.

 

Selain diramu dari bahan-bahan alami terbaik yang halal, shampo hijab ini juga tak mengandung alkohol (0% alcohol), sehingga benar-benar pas bagi para hijabers. Sementara untuk variannya, CLEAR Hijab Pure hadir dengan dua pilihan. Ada CLEAR Hijab Pure Anti-Dandruff + Hair Loss Treatment dengan ekstrak fresh rose, serta kandungan habatussauda yang bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Kemudian, ada CLEAR Hijab Pure Anti-Dandruff + Anti-Limp yang mengandung Purified Mint dan Micellar Water, yang bisa membersihkan sekaligus menyegarkan kulit kepala, hingga dapat membantu rambut jadi tampak bervolume.

Kedua varian shampo CLEAR tersebut sama-sama mengandung teknologi cooling gel, yang diformulasikan untuk membuat rambut lebih lembut, kuat dan bebas rontok. Tambahan, teknologi Triple Anti Dandruff, makin menyempurnakan fungsinya sebagai shampo anti-ketombe sekaligus anti-lepek yang tepat buat para hijabers.

;
Loading

Live Streaming

Powered by