Sukses

Beauty

Alasan Kenapa Kamu Harus Menghindari Produk Perawatan Rambut Bersilikon

Fimela.com, Jakarta Begitu banyak variasi produk perawatan rambut yang tersedia di berbagai toko kecantikan. Bagi perempuan yang cukup peduli dengan perawatan rambut, kamu mungkin sangat peduli dengan isi kandungan yang dimiliki produk perawatan tersebut. 

Biasanya, kandungan yang pertama kali dicari adalah bahan alami yang mampu menutrisi rambut. Meski bahan-bahan kimiawi dapat menunjukkan hasil memukau dalam sekali keramas, namun bahan alami yang bekerja perlahan hingga sampai benar-benar meresap ke dalam kutikula dianggap lebih aman untuk kesehatan rambut jangka panjang. 

Namun, selain bahan alami, ada juga bahan kimiawi yang harus kamu perhatikan, bahkan kamu hindari. Meski tidak semua bahan-bahan kimiawi merusak rambut, tetapi ada beberapa yang bahan kimawi yang menunjukkan hasil maksimal pada pemakaian jangka pendek, namun justru akan merusak pada penggunaan jangka panjang. Salah satunya, silikon

Kenapa Harus Menghindari Silikon?

Dilansir dari Women's Health Magazine, silikon memang banyak ditemukan pada rangkaian perawatan kecantikan. Bukan hanya pada produk perawatan rambut, tetapi kadang juga terdapat pada produk perawatan tubuh seperti body lotion, sabun, dan lain-lain. 

Meski terkesan umum, silikon ternyata termasuk ke dalam bahan-bahan kimiawi pada produk kecantikan yang harus dihindari. Berfungsi memberikan cahaya pada rambut, silikon sebenarnya digunakan dalam produk perawatan rambut sebagai pengunci. Nutrisi yang terkandung dalam produk perawatan rambut tersebut bisa saja menguap atau keluar kembali ketika rambut terpapar air atau bahkan cuaca panas. 

Nah, silikon ini berfungsi untuk mengunci nutrisi, moisture, hingga hidrasi yang membuat rambutmu sehat dan tampak bersinar. Namun, dalam jangka panjang, silikon ini justru akan merusak rambut. 

Pasalnya, silikon akan menyelmuti batang rambut dan membuat kutikula benar-benar tertutup. Hal ini akan membuat udara dan air, bahkan nutrisi yang terdapat dalam produk perawatan rambutmu tidak bisa lagi terserap. Sehingga batang rambut akan menjadi kering, kekurangan nutrisi, dan akhirnya mudah rontok dan patah. Jadi, mulai sekarang Sahabat Fimela harus berhati-hati dengan produk rambut bersilikon, ya!

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Inspirasi Makeup dan Gaya Rambut untuk Pesta dari SAG Awards 2020
Artikel Selanjutnya
Miley Cyrus-Billie Eilish Bawa Rambut Mullet Versi Modern Tren Lagi