Sukses

Beauty

Alasan Pacar Keanu Reeves Beruban, Setop Gaya Hidup Warnai Rambut

Fimela.com, Jakarta Keanu Reeves (55) sepertinya mendukung pilihan sang pacar Alexandra Grant (46) membiarkan rambut uban bertumbuh. Ya, artis berbasis di Los Angeles itu menjelaskan alasan mengapa ia tidak mewarnai grey hair-nya lagi. 

Hal itu diungkap lewat capture dari artikel Newsweek yang di-posting di akun Instagramnya. Artikel tersebut menjelaskan studi yang menghubungkan pewarnaan rambut permanen dengan peningkatan risiko kanker payudara seperti melansir dari insider.com.

Ia mengawali kisah tentang dirinya yang mulai beruban di awal usia 20an dan memutuskan untuk berhenti memiliki gaya hidup mewarnai rambut di usia 30an. Ia menyadari jika risiko kesehatan yang mengancam tidak sebanding demi untuk memenuhi dan mematuhi standar kecantikan.

Lewat penelitian yang diulas Newsweek perempuan yang secara teratur menggunakan pewarna rambut permanen menghadapi peningkatan risiko kanker payudara hingga 60 persen menurut International Journal of Cancer. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 46.709 perempuan berusia 35-74 tahun dari 2003 sampai 2009 yang menemukan korelasi positif bahan kimia dalam produk rambut (termasuk pelurusan) berperan dalam karsinogenesis payudara.

"Wow. Berita hari ini... Angka-angkanya mengejutkan terutama untuk perempuan kulit warna," tulis Alexandra Grant dalam caption postingannya. "Aku berambut abu-abu sebelum usia 20-an.... dan mengecat rambutku sampai tak bisa lagi mentolerir toksisitas pewarna lagi," lanjutnya.

 

Urban Grey Icon

Melansir dari harpersbazaar, New York Times melaporkan para ahli menunjukkan keterbatasan pada penelitian tersebut. Kurang dari 10 persen partisipan adalah perempuan kulit warna, menggunakan produk pewarna rambut yang dinilai hanya satu kali dan rata-rata hanya delapan tahun.

"Pesan yang bisa diambil adalah adalah risiko dan potensi berbahaya dari pewarnaan rambut. Namun kita tahu banyak faktor berbeda dari penyebab perempuan terkena kanker payudara," ujar Head of the Environment and Cancer Epidemiology Group dari N.I.E.H.S Alexandra White. 

Dia mengingatkan para perempuan untuk mendapatkan informasi ini dan memperhitungkannya dalam pengambilan keputusan gaya hidup mereka. "Tetapi perlu diingat jika risiko yang terkait dengan hal ini kecil," tambahnya. 

Sementara hasil penelitian terus dianalisis, Grant pastinya akan menjadi urban grey icon.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA 

Loading