Sukses

Beauty

Kontroversi Produk Makeup dan Kecantikan Ramah Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Beberapa produk makeup dan kecantikan mengandung glitter untuk menambah efek kilau. Namun  apakah kamu pernah memikirkan, apa yang terjadi usai membersihkan sisa riasan dan sisa produk perawatan kulit berkandungan glitter? Dalam beberapa penelitian, para ilmuwan menyerukan larangan global pemakaian glitter plastik karena akan berdampak buruk pada air.

Jika ingin mencoba menjadikan rutinitas kecantikan kamu sedikit lebih ramah lingkungan, Christy Coleman dapat menerangkannya khusus utuk kamu. Coleman merupakan seorang penata rias yang berbasis di Los Angeles dan telah menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. 

Dilansir dari harpersbazaar.com, Coleman yang juga Kepala Desain Kreatif di Beautycounter, akan memberi tips terbaik untuk tampilan makeup yang berani dan glamor yang sehat.

Perhatikan jenis kandungan glitter

Kini, di dunia terdapat glitter yang dapat terurai secara hayati, tetapi harganya mahal dan jarang ditemukan. Itu sebabnya masih banyak merek yang menggunakan kandungan glitter yang terbuat dari plastik.

"Saya ingin membuat eyeshadow seperti glitter yang berbahan aman sehingga benar-benar dapat memberikanmu efek langsung pada mata," kata Coleman. Intip Palette Eye Sparklers Beautycounter terbaru dengan flek yang tidak teratur dan lebih kecil. Bisa berlapis-lapis untuk mendapatkan kilau metalik yang dramatis, atau dengan ringan menekan kelopak atau bibir untuk sedikit kilau.

Mulailah dengan kulitmu

Gunakan masker selama seminggu agar kulitmu tetap cerah. Jadi ketika kamu pergi dan merias wajah dengan makeup, kulitmu terlihat sangat sehat.

Masker lembar sering kali merupakan produk perawatan kulit yang dipilih sebelum acara besar, tetapi masker ini merupakan limbah terbesar. Sebagai gantinya, pilihlah masker pelembap yang ditempatkan di tabung aluminium atau tabung gelas. Kamu dapat menggunakan masker dari Summer Fridays varian Jet Lag Mask sebagai alternatif.

Jika kamu ragu, beralihlah ke tampilan glossy

Tidak hanya glitter yang dapat bersinar, glossy juga bisa. "Memakai balm transparan pada mata memberikan efek mengkilap ketika difoto tanpa harus memakai eyeshadow tebal." ujar Coleman. Sangat mudah untuk mengaplikasikannya, seperti memakai lip balm alami yang bening di atas eyeshadow favorit kamu. Atau pilih lipgloss warna-warni dan aplikasikan pada bibir, mata, dan pipi. 

Banyak merek makeup alami dan organik seperti Ilia dan Westman Atelier yang memiliki blush on, bronzer, dan highlighter dalam formula krim. Produk-produk dibuat dengan minyak dan lilin lebah yang bernutrisi alami. Cocok untuk kulit kering, tetapi semua jenis kulit bisa mendapatkan manfaat lebih dengan menggunakan krim ini.

Manfaat tambahannya adalah kulit kamu akan terlihat lebih cerah. "Untuk orang-orang yang memiliki kulit lebih berminyak, aku suka memakai blush on cream dan kemudian ditimpa dengan powder blush yang warnanya mirip agar lebih tahan lama," jelas Coleman.

 

Bersihkan wajahmu dengan lebih bijak

Tisu pembersih makeup dianggap menjadi salah satu pelanggar terburuk dalam dunia kecantikan yang berdampak pada lingkungan. Maka dari itu, sekarang telah diciptakan tisu biodegradable. Tisu ini dapat kamu temui di apotek. Ini menjadi alternatif lain cleansing oil untuk menghapus riasan kamu.

Bagaimana sahabat fimela, sangat menarik bukan? Ayo mulai gunakan produk makeup ramah lingkungan demi kelestarian bumi.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading