Sukses

Beauty

Serba Serbi Perawatan Kecantikan dari Ujung Rambut hingga Kaki

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara memanfaatkan baking soda, mulai dari membersihkan oven, membersihkan wastafel, hingga melunakkan daging. Tapi tahukah kamu, bahwa baking soda adalah salah satu barang rumah tangga yang dapat kamu gunakan untuk perawatan kecantikan? Bahan pokok dapur yang umum dan murah ini bisa segera menjadi bagian tak terpisahkan untukmu sebagai skincare routine.

Dilansir dari thelist.com, Sabtu (28/12/2019), baking soda memiliki kualitas abrasif ringan yang membuatnya menjadi pengelupas yang ideal untuk membantu mengelupas sel-sel kulit mati serta menghasilkan kulit segar dan bercahaya. Berikut manfaat baking soda untuk kecantikan.

1. Hindari penggunaan baking soda pada kulit kering dan sensitif

Salah satu cara untuk menggunakan baking soda untuk kecantikan adalah membuatnya dengan sekitar 1 sendok makan baking soda dicampur dengan 1/2 sendok makan air lalu aduk merata hingga menjadi pasta yang kenta. Setelah itu, gosok di wajah yang baru saja dicuci, setelah itu bilas dengan air, dan oleskan pelembab segera untuk mencegah iritasi kulit. Perawatan ini hanya boleh dilakukan seminggu sekali, dan hindari sama sekali jika kulit kamu kering atau sensitif.

DIY pencerah kulit lainnya melibatkan pencampuran 1 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan jus jeruk, bahan terakhir ini hanya dikemas dengan vitamin C yang ramah kulit, yang melengkapi sifat eksfoliasi baking soda. Oleskan campuran ini ke wajah dan leher, pastikan keduanya bersih sebelum melakukannya. Biarkan larutan ini mengering selama sekitar 15 menit, lalu lepaskan dengan kapas yang sudah di celupkan ke air dingin. Seperti halnya perawatan pertama, kamu hanya perlu menggunakannya sekali dalam seminggu.

2. Baking soda dapat digunakan sebagai deodoran alami

Jika kamu memiliki masalah dengan bau badan, baking soda bisa menjadi penolong rahasia kamu. Baking Soda memiliki sifat anti-bakteri yang benar-benar dapat membunuh bakteri yang mengeluarkan bau khas keringat, dan juga membantu menyerap kelembaban ekstra. Faktanya, alkalinitas baking soda bahkan dapat mengatur ulang kimia tubuh kamu ke titik di mana kamu tidak lagi memproduksi begitu banyak keringat.

Untuk menggunakan baking soda sebagai pengganti deodoran, kamu dapat mencampurkannya dengan proporsi yang sama dengan jus lemon hingga menjadi pasta, oleskan ke bagian tubuh yang mudah berkeringat (ketiak, leher, kaki, dan sebagainya). Biarkan selama 15 menit, lalu bilas. Cobalah melakukan hal ini setiap hari, dan lihat apakah produksi keringat jauh lebih sedikit.

 

3. Gunakan baking soda untuk menyegarkan rambut

Semua produk sampo, kondisioner, dan alat-alat penataan rambut yang kamu gunakan dapat membuat rambut menumpuk dan membuatnya terasa lebih berat dan berotot seiring berjalannya waktu. Ketika rambut mulai terasa seperti ini, ada satu hal yang dapat membantu mengeluarkannya, dan tentu saja produk ajaib itu adalah baking soda. Blog kecantikan Byrdie menyarankan untuk mencampurnya dengan air dengan takaran 1/3 atau 1/4 setelah itu campurkan dengan baking soda, dan oleskan campuran itu ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air biasa. Akhiri dengan membilas rambut dengan cuka sari apel yang di campur dengan air untuk mengembalikan keseimbangan pH.

Meskipun kamu mungkin tidak ingin mengganti sampo sehari-hari dengan baking soda, ini bisa menjadi ide yang baik untuk membantu rambut agar tetap bersih dan membantu mencegah ketombe.

 

4. Pemutih gigi yang bagus

Ingin senyum seperti bintang film atau super model? Ini dia tips dari seorang wanita cantik dengan gigi terbaik Hollywood (via Fame Focus), ialah Julia Roberts. Roberts mengklaim bahwa ia menyikat gigi dengan Baking Soda sehingga gigi artis cantik ini terlihat seperti mutiara yang mempesona. Jika kamu ingin menyikat gigi seperti Roberts kamu bisa menuangkan langsung baking soda ke sikat gigi.

Hawaii Family Dental juga merekomendasikan untuk mencampur baking soda dengan air hingga berbentuk pasta, atau menggantikan air dengan menggunakan hidrogen peroksida, jus lemon, atau cuka sari apel, karena bahan-bahan ini memiliki efek pemutihan sendiri. Minyak kelapa yang dikombinasikan dengan baking soda dan sedikit minyak peppermint membuatnya lebih sehat dan menghasilkan tekstur pasta yang lebih kenyal. Kamu juga tetap bisa mendapatkan manfaat dari baking soda saat menaburkannya di atas pasta gigi yang biasa kamu gunakan.

 

(Iffah Nurahmah)

#GrowFearless with Fimela

Loading