Sukses

Beauty

Tidak Perlu ke Salon, Ikuti 4 Langkah Mudah Memotong Rambut Sendiri di Rumah

ringkasan

  • Memotong rambut sendiri di rumah bisa menghemat biaya.
  • Namun, jangan sembarangan memotong rambut tanpa tahu tekniknya.
  • Menggunakan teknik point-cut sangat cocok untuk non professional.

 

Fimela.com, Jakarta We all know that to keep your hair healthy is very expensive! Perawatan rambut memang bisa saja diakali dengan menggunakan produk-produk yang lebih murah. Tetapi, setiap 3 bulan sekali seharusnya kamu wajib untuk trimming atau memotong bagian rambut yang sudah bercabang, mati, dan rusak. 

Biasanya, bagian yang sudah rusak ini ada pada bagian ujung rambut. Namun, trimming saja tetap membuatmu merogoh kantung yang cukup dalam. Masalahnya, pergi ke sembarang salon justru bisa membuatmu lebih boros. Karena, ketika kamu tidak puas dengan hasil potonga rambutnya, kamu harus memperbaiki ke salon terpercaya. Ini akan membuatmu dua kali mengeluarkan uang untuk ke salon. 

Agar rambut tetap sehat, sebenarnya kamu bisa trim sendiri di rumah. Sayangnya, buat para awam, memotong rambut sendiri di rumah kerap kali gagal. Ujung-ujungnya, ke salon juga! Untuk meminimalkan risiko ini, ada 4 langkah yang bisa kamu ikuti agar memotong rambut sendiri di rumah tidak gagal. 

1. Cuci Rambut

Pertama, tulis Shape.com, sebaiknya kamu memerhatikan tekstur asli rambutmu terlebih dahulu. Untuk melihat tekstur atau shape rambut aslimu, kamu harus mencuci rambutmu terlebih dahulu. Karena, shape asli rambut akan terlihat saat rambut dalam keadaan bersih, tanpa debu atau sisa produk yang mengumpul sehingga membuat rambutmu menjadi kusut. Lalu, keringkan dengan hair dryer atau tunggu sampai benar-benar kering. 

2. Pisahkan Jadi Beberapa Bagian

Section atau bagi rambut menjadi beberapa bagian. Kamu bisa menggunakan bantuan jepit rambut atau juga karet untuk membagi rambut agar lebih mudah saat memotongnya. Pastikan kamu menggunakan dua cermin, depan dan belakang agar kamu bisa melihat seluruh bagian rambutmu. 

3. Point-cut

Nah, di tahap inilah kamu harus berhati-hati. Memotong ujung rambut ternyata sebaiknya tidak memotongnya dengan angle lurus. Apalagi kalau kamu masih awam atau bukan profesional. Lebih baik, menurut Shape.com, teknik yang harus kamu gunakan adalah point-cut. 

Mulailah dari memegang gunting khusus rambut secara vertikal dan gunting rambutmu. Posisi ini akan memberikan hasil guntingan yang lebih halus. Kalaupun tidak rata, kesalahan ini tidak akan begitu terlihat. Untungnya, teknik ini bisa kamu lakukan juga menggunakan gunting apa pun. Jadi, buat kamu yang tidak memiliki gunting khusus rambut, pastikan menggunakan teknik ini, ya! 

4. Cek Lagi Hasil Guntingan

Terakhir, pastikan kamu memeriksa kembali hasil guntingan rambutmu. Bukan cuma panjang dan pendeknya yang harus kamu periksa, tetapi apakah masih ada ujung rambut yang bercabang, atau rusak. 

Pastikan juga ujung rambut tidak panjang sebelah. Ukur dengan mengurutkan kedua bagian rambut, kanan dan kiri, menggunakan tanganmu. Pastikan tidak ada yang pendek sebelah, ya! Selamat mencoba!

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kupas Tuntas Manfaat Minyak Argan untuk Semua Jenis Rambut
Artikel Selanjutnya
3 Tips Memilih Sisir untuk Rambut Anti Kusut