Sukses

Beauty

8 Kesalahan Perawatan di Musim Hujan yang Bikin Kulit Kering

Fimela.com, Jakarta Musim hujan diprediksi akan terjadi cukup ekstrem pada beberapa hari ke depan. Selain antisipasi terhadap penyakit, kamu juga perlu memerhatikan kondisi kulit yang cenderung menjadi kering ketika musim hujan.

Kulit kering di musim hujan bisa disebabkan oleh perawatan kulit yang salah. Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan yang membuat kulit kering, melansir dari Boldsky pada Jumat (10/10/2020)

1. Mandi dengan air yang sangat panas

Cuaca dingin memang paling enak jika mandi dengan air hangat. Namun jangan terlalu panas. Air yang terlalu panas justru akan melunturkan kelembapan kulit dan menganggu keseimbangan pH kulit. Ini akan membuat lapisan atas kulit jadi kering.

2. Tidak eksfoliasi bibir

Bibir menjadi salah satu bagian tubuh pertama yang terkena dampak ketika menghadapi musim dingin. Sehingga kulit bibir menjadi pecah-pecah dan kering. Mengolesi bibir dengan lip balm tidak akan efektif jika bibir tidak dieksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

3. Menggunakan lotion yang ringan

Lotion yang ringan hanya bekerja pada musim kemarau. Sementara pada musim hujan seperti ini kamu perlu menggunakan formula lotion yang lebih tebal untuk menjaga kulit tetap lembap.

 

4. Kurang melembapkan kulit

Pelembap bukan hanya diaplikasikan sesudah mandi. Sebisa mungkin kamu aplikasikan pelembap sesering mungkin. Sehingga kulit lebih lembut dan lembap.

5. Tidak menggunakan SPF

Paparan sinar matahari menjadi salah satu utama kulit kering. Jangan berpikir ketika musim hujan, sinar matahari tidak menjadi begitu berbahaya. UV tetap akan menembus meski hujan.

6. Terpapar alat pemanas

Untuk melawan dingin biasanya kita cenderung lebih akrab dengan heater atau alat pemanas apapun. Duduk berjam-jam di dekat pemanas juga berpotensi menimbulkan kulit usak. Kulit menjadi lebih kusam karena kelembapan kulit yang kurang.

7. Menggunakan sabun dengan formulasi keras

Sabun menggunakan bahan kimia yang mungkin tidak cocok dengan kulitmu. Gunakan sabun yang ringan dan organik untuk kulit. Sehingga kulitmu tidak menjadi sensitif.

8. Pola makan yang salah

Pola makan memiliki peran penting dalam kesehatan kulit. Banyak minum air, konsumsi buah-buahan dan sayuran yang sarat akan nutrisi membuat kulit mampu bertahan dari cuaca yang buruk.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Teknologi Modern, Ini Manfat Sinar LED untuk Perawatan Kulit
Artikel Selanjutnya
Menilik Manfaat Susu Domba untuk Kulit