Sukses

Beauty

Waspadai 7 Masalah Kerusakan Rambut Ketika Cuaca Ekstrem

Fimela.com, Jakarta Suhu udara yang berubah secara signifikan membawa dampak bukan hanya kulit melainkan juga rambut. Jika tidak mendapatkan perawatan rambut yang tepat akan banyak masalah kerusakan yang muncul.

Melansir dari Boldsky pada Selasa (14/1/2020) setidaknya ada tujuh masalah rambut yang kemungkinan terjadi. Sahabat Fimela tidak perlu khawatir, karena ada solusi mudah yang bisa dilakukan untuk setiap permasalahan rambut.

1. Kulit kepala kering dan mengelupas

Keringnya kulit kepala bukan masalah baru bagi rambut ketika memasuki cuaca ekstrem seperti yang terjadi belakangan ini. Cuaca yang terus berubah akan merusak kelembapan kulit kepala dan menjadikan kering hingga terkelupas.

Untuk mengatasi masalah rambut ini, kamu bisa menggunakan minyak esensial, seperti minyak kepala, minyak zaitun, atau minyak almond. Pijat pada kulit kepala dan diamkan selama satu jam. Gunakan sampo ringan bebas sulfat untuk membersihkannya.

2. Ketombe

Biasanya masalah kulit kepala yang kering akan diikuti dengan munculnya ketombe. Sel kulit yang mengering akan membentuk serpihan yang disebut dengan ketombe. Meski sudah menggunakan sampo antiketombe, kamu masih perlu melembapkan kulit kepala dengan menggunakan hot oil, makan makanan yang sehat, dan lindungi kulit dari sinar matahari langsung.

 

3. Rambut kusut

Kurangnya kelembapan pada rambut akan membuat rambut kusut. Terlebih jika menggunakan alat pemanas akan membuat tampilan rambut semakin tidak sehat. Solusinya kurangi pemakaian alat pemanas rambut dan jangan menggosok rambut menggunakan handuk.

4. Rambut bercabang

Nutrisi yang berkurang tidak akan mampu menutrisi rambut secara keseluruhan. Ujung rambut menjadi bagian yang paling kekurangan nutrisi. Akibatnya timbul cabang di ujung rambut. Cara terbaik untuk menghilangkan rambut bercabang adalah merapikan potongan rambut untuk membuat rambut yang rusak.

5. Rambut kusam

Cuaca ekstrem akan berdampak pada warna dan tekstur rambut. Sehingga warna rambut semakin memudar dan membuatnya nampak kusam dan kering. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa gunakan kondisioner yang kaya akan pelembap di setiap kali keramas. Diamkan kondisioner beberapa menit sebelum dibilas. Aplikasikan cuka apel atau minyak esensial untuk menambah kelembapannya.

6. Rambut rontok

Kurangnya kelembapan dan nutrisi rambut membuat akar hingga batang rambut menjadi rapuh. Tak heran jika ia lebih mudah rontok ketika disisir. Kerapuhan rambut ini juga bisa didukung dengan rambut yang diikat terus menerus atau terlalu terpapar sinar matahari. Solusinya, kamu bisa mulai eksplor berbagai macam kepang atau ikat rambut, menggunakan perawatan deep conditioning sehingga rambut mendapat kelembapan ekstra.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Timbulnya Permasalahan Rambut Rontok Usai Persalinan
Artikel Selanjutnya
Pahami 5 Penyebab Rambut Rontok Secara Berlebihan