Sukses

Beauty

Panduan Pintar Mencari Produk Skincare yang Tepat Bagi Kulit Sensitif

Fimela.com, Jakarta Namanya saja kulit sensitif akan cukup sulit mencari produk skincare yang tepat. Meski beberapa merek skincare menyatakan bahwa produknya cocok untuk kulit sensitif, kerap kali justru menimbulkan iritasi pada beberapa orang.

Bagi kamu yang pemilik kulit sensitif memang harus jeli memilih jenis produk yang tepat. Melansir dari Boldsky pada Selasa (28/1/2020) Fimela telah merangkum beberapa hal yang bisa kamu jadikan panduan untuk memilih produk khusus kulit sensitif.

1. Fragrance free

Parfum dalam produk kecantikan sangat umum digunakan. Namun bagi kulit sensitif tentu akan menimbulkan masalah. Parfum akan mengiritasi kulit dan menyebabkan rasa gatal hingga terbakar. Sehingga pilih produk yang tidak memiliki aroma di dalamnya.

2. Produk mata

Untuk menjaga hidrasi di bagian bawah mata, gunakan krim mata yang memang diperuntukkan bagi kulit sensitif. Jangan gunakan pelembap kulit untuk area bawah mata jika kamu memiliki kulit sensitif. Selain itu, ketika memilih produk eyeliner lebih baik gunakan produk pensil daripada eyeliner cair bahkan gel. Kandungan lateks di dalamnya bisa mengiritasi kulit.

3. Waspadai kandungan iritan

Ketika memilih produk kecantikan, cek kembali kandungan bahan-bahan di balik kemasan produk. Pastikan untuk tidak mengandung retinol, asam alfa hidroksi, serta alkohol. Meski skincare yang kamu gunakan tidak mengandung kandungan tersebut namun di kulitmu terasa panas bahkan perih, lebih baik ganti produk tersebut.

 

4. Gunakan foundation berbasis silikon

Foundatin memberikan warna yang cukup merata di kulit kita. Sehingga formulasi yang dimiliki pun berbeda-beda. Khusus kulit sensitif, gunakan foundatoin berbasis silikon. Selain itu jauhi produk yang waterproof karena pembersih wajah untuk produk waterproof biasanya membuat kulit iritasi.

5. Perhatikan tanggal kadaluwarsa

Sangat penting bagi pemilik kulit sensitif untuk memerhatikan tanggal kadaluwarsa. Karena produk yang sudah melewati tanggal kadaluwarsa sangat berbahaya bagi kulit sensitif.

6. Scrub yang lembut

Apapun jenis kulitmu, eksfoliasi sangat penting untuk dilakukan. Namun jika kamu memiliki kulit sensitif, carilah scrub atau eksfoliator yang ringan. Dengan partikel yang lebih kecil sehingga tidak membahayakan kulit. Selain itu, jangan eksfoliasi kulit lebih dari dua kali seminggu.

7. Mencoba sebelum digunakan

Sangat penting bagi pemilik kulit sensitif untuk mencoba produk skincare sebelum membelinya. Aplikasikan sejumlah kecil produk pada tangan atau belakang telinga. Apabila kulitmu terasa baik-baik saja selama 24 jam, kamu bisa membelinya.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Kecanggihan Skincare dari Klinik Kecantikan Korea Selatan Kini Hadir di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Klinik Kecantikan Ternama Merilis Skincare yang Mampu Hempaskan Bekas Jerawat