Sukses

Beauty

5 Makanan untuk Rambut, Kuku dan Kulit yang Lebih Sehat

Fimela.com, Jakarta Sebagai perempuan, kamu biasanya menghabiskan waktu berjam-jam setiap minggunya untuk memakai krim, pembersih, dan kondisioner yang tepat agar rambut dan kuku tetap bersinar. Tetapi pernahkah kamu berpikir bahwa bekerja dari dalam ke luar tubuh sama efektifnya?

“Diet kita dapat berperan besar dalam kesehatan rambut, kulit, dan kuku kita. Baik atau buruk,” kata Colleen Christenen, RDN di Setton Farms. Dilansir dari realsimple.com, berikut adalah lima makanan terbaik untuk rambut dan kuku jadi lebih sehat. 

1. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari kaya akan Vitamin E. Seperempat cangkir biji bunga matahari, memberikan 80 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Mengapa ini penting? Vitamin E penting untuk mencegah kerontokan rambut . Defisiensi dapat menghambat pertumbuhan sel normal, yang dapat berkontribusi pada kerontokan rambut yang tidak diinginkan. Menurut Christenen, biji bunga matahari adalah cara yang baik untuk meningkatkan kadar Vitamin E agar menjaga rambut kamu tetap kuat dan tebal. Biji bunga matahari juga mengandung antioksidan yang penting untuk kesehatan kulit. Secara khusus, mereka dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dari sinar UV matahari. Vitamin E juga merupakan agen anti-inflamasi, yang berarti dapat membantu mengurangi pembengkakan. 

Asupan yang dapat jadikan rambut dan kuku lebih sehat

2. Paprika merah

Jeruk mendapat banyak pujian karena kaya akan Vitamin C. Tetapi satu porsi paprika merah sebenarnya menyediakan lebih banyak Vitamin C daripada jeruk. Vitamin C penting untuk sintesis kolagen, yang mana protein berlimpah di kulit yang sangat penting untuk kesehatan rambut, kulit dan kuku. Seperti Vitamin E, Vitamin C juga merupakan antioksidan yang dapat mencegah paparan sinar UV yang berbahaya. Ditambah lagi dapat membantu mengurangi risiko kulit kering. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa rambut rontok mungkin berhubungan dengan asupan vitamin C yang tidak memadai. Makanan seperti paprika merah yang dikemas dengan Vitamin C membantu tubuh kita menyerap zat besi, yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

3. Kacang Pistachio

Pistachio mengandung lemak tak jenuh tunggal. jenis lemak ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari mengonsumsi ini adalah mencegah penuaan dini. Salah satu studi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal mengalami peningkatan elastisitas kulit. Berbeda dengan mereka yang tidak mengonsumsi.Lemak sehat seperti yang terdapat pada pistachio, juga terbukti mengurangi kerontokan rambut, meningkatkan kepadatan rambut serta diameter rambut.

4. Mentimun

Saat kamu kekurangan cairan, kuku dan rambut kamu juga sangat terpengaruh. Kuku yang kering dan rapuh bisa lebih rentan terhadap infeksi jamur. kebutuhan cairan juga sangat penting bagi kamu yang menggunakan pengering rambut dan catokan pada rambut, karena ini dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak. Karena mentimun mengandung 96% air, mengonsumsi mentimun adalah salah satu solusi menghidrasi tubuh kamu selain minum air.Mentimun juga makanan yang bagus untuk membuat kulit bercahaya. Asupan air yang lebih tinggi telah terbukti memiliki dampak positif pada kulit. Memungkinkan sel-sel kulit kamu berfungsi optimal. Kurangnya hidrasi juga dapat menyebabkan masalah kulit yang umum seperti kulit kering atau terkelupas dan dapat membuat kulit lebih rentan terhadap kerutan.

5. Telur

Lutein adalah fitonutrien yang ditemukan dalam telur yang dapat bermanfaat bagi kulit, rambut, dan kuku kamu. Lutein yang ditemukan dalam telur sangat bioavailable, yang artinya sudah tersedia untuk digunakan oleh tubuh. Lutein penting untuk kulit dan berhubungan dengan kulit yang bercahaya dan pewarnaan rambut.

(Zhafira Majdina)

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Pengganti Nasi yang Lebih Menyehatkan dan Bikin Kenyang Lama
Artikel Selanjutnya
5 Makanan Ini Efektif Lancarkan Buang Air Besar saat Konstipasi