Sukses

Beauty

Intip 12 Cara Praktis untuk Menghindari Terjadinya Penuaan Dini pada Kulit

Fimela.com, Jakarta Tetap swet muda adalah impian banyak orang, padahal semakin bertambah usia kulit tubuh pun lambat laun akan mengalami penuaan. Banyak juga berusaha keras untuk menjaga penampilan wajah dan tubuhnya agar terhindar dari penuaan dini. Bahkan tak jarang sebagian orang mengambil langkah dengan perawatan ekstra ke klinik kecantikan hingga tindakan lebih lanjut seperti bedah plastik.

Lantas, langkah apa yang sebaiknya diambil tanpa risiko yang bisa kita terapkan untuk menjaga penampilan kulit wajah dan tubuh agar terhindar dari penuaan dini?

"Sekitar 80 persen penuaan disebabkan oleh faktor lingkungan, ini tandanya ada hal-hal yang kamu bisa kendalikan" jelas Leslie Baumann, seorang dokter kulit dan direktur Pusat Kosmetik Universitas Miami, di Florida.

Melansir dari Realsimple.com 8 dokter kulit menawarkan pendekatan efektif untuk menunda penuaan dini, sederhananya cukup dengan 3 langkah berikut ini. Melindungi kulit, gunakan bahan perawatan kulit yang tepat, lalu jalani harimu seperti biasa. Untuk lebih lengkapnya, yuk kita intip 12 cara di bawah ini.

Kenakan tabir surya setiap hari

Kamu pasti pernah mendengar sebelumnya bahwa paparan sinar matahari adalah penyebab penuaan dini yang utama. Sinar ultraviolet dari matahari akan memecah kolagen dan elastin, zat yang menjaga kulit agar tetap halus dan kencang. Sebaiknya, hindari paparan sinar matahari langsung untuk meminimalisir kerusakan dan kerutan.

Oleskan tabir surya secara menyeluruh

Mengoleskan tabir surya dengan SPF 15 terlalu tipis sama halnya dengan menggunakan SPF 7. Sehingga, sangat dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30 dalam jumlah yang cukup untuk melindungi menutupi bagian tubuh dan wajahmu.

Jangan lupakan bagian kaki

"Banyak ditemukan kasus melanoma ganas pada area kaki ," kata Heidi Waldorf, direktur laser dan dermatologi kosmetik di Mount Sinai Medical Center, di New York City. Untuk menghindari hal ini, pastikan kamu memberikan perawatan yang seimbang untuk kulit tubuh dan wajah.

Jangan mengandalkan produk makeup berkandungan SPF

Kemungkinan besar kamu hanya menggunakannya dengan takaran terbatas dan tidak cukup untuk melindungi kulit. Sebaiknya aplikasikan juga tabir surya sebelum mengaplikasikan makeup.

Pilih kacamata hitam dengan perlindungan UV

Kacamata hitam yang baik mampu membantu mencegah katarak, dan akan membuat matamu tidak menyipit. Namun seiring berjalannya waktu, kacamata tanpa perlindungan UV ternyata dapat menghancurkan kolagen di sekitar mata dan menyebabkan timbulnya keriput.

Hindari asap rokok 

Jika kamu adalah seorang perokok, berhentilah. Hindari juga paparan kronis asap rokok karena dapat merusak kulit. Menurut Karyn Grossman, dokter kulit di Santa Monica, asap rokok memaparkan radikal bebas yang membuat kulit rusak, menghancurkan kolagen, serta memperlambat kemampuannya untuk kembali ke kondisi semula. Untuk menangkis kerusakan, Grossman menyarankan produk yang mengandung antioksidan, penetralisir radikal bebas. Antioksidan favorit adalah vitamin C, vitamin E, dan teh hijau. Banyak studi juga mendukung kemampuan antioksidan ini.

Sadar akan gerakan yang berulang

Saat kamu tersenyum, mengerutkan kening, dan berbicara, wajah akan membuat ribuan gerakan dalam sehari. Lama kelamaan, gerakan berulang ini mengarah ke garis yang lebih dalam. Tidak perlu khawatir, beberapa kebiasaan dapat diatasi. Tapi jika kamu terus-menerus minum melalui sedotan, mengunyah permen karet, atau merokok, kamu akan menghancurkan kolagen di sekitar mulutmu, sehingga, kerutan akan datang lebih awal.

Berhenti memencet jerawat

Sulit untuk menahan keinginan untuk tidak memencet jerawat yang hampir pecah. "Seiring bertambahnya usia, bekas jerawat akan meninggalkan bekas dan kerutan," kata Grossman. "Jika kamu memiliki jerawat di pipi dekat dengan tempat kerutan terbentuk, itu akan membuat kerutan lebih dalam."

 

Menggunakan produk yang mengandung AHA

Bersihkan wajah dengan Alpha Hydroxy Acids (AHA)

AHA akan membantu menghilangkan lapisan atas sel kulit mati untuk mengungkapkan lapisan baru di bawahnya. "Asam alfa hidroksi (seperti asam glikolat) akan membuka pori-pori dan membantu kulit agar terlihat lebih halus." kata Alyson C. Penstein, dokter kulit di New York. Perlu diingat, jika kamu memiliki kulit berminyak atau rawan berjerawat, cobalah pembersih dengan Beta Hydroxy Acid (BHA).

Gunakan krim anti-penuaan di malam hari

Krim ini biasanya mengandung Retinoid dan dapat mendorong kulit untuk beregenerasi, meredakan garis-garis halus, dan membantu memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar matahari. Tetapi kamu juga harus waspada karena Retinoid dapat menyebabkan iritasi pada awalnya, jadi cukup oleskan sedikit saja saat mengaplikasikannya. Untuk kulit sensitif, cobalah krim ringan dan mengandung kinetin, zat yang ditemukan pada tanaman dan telah terbukti dapat menghaluskan kerutan.

Perawatan eksfoliasi seminggu sekali

Perawatan efektif ini cukup lembut dan mudah dilakukan di rumah, dan secara manual mengangkat kulit mati dengan partikel prima. Sehingga kulit wajah akan terlihat lebih bersih, dan tidak kusam.

Ingat bagian tubuh yang lain

"Segala yang kamu lakukan untuk wajah, kamu juga harus melakukannya untuk leher, dada, dan tangan," kata Baumann. "Itu adalah titik utama untuk merawat kult secara menyeluruh." Paling tidak membuatnya lembap, terhidrasi, dan bersih.

Selamat mencoba, Sahabat Fimela!

 

Penulis: Iffah Nurahmah

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Atasi Permasalahan Penuaan Dini dengan 5 Tips Paling Efektif Menurut Dermatologis
Artikel Selanjutnya
6 Foundation Ini Berikan Hasil Matte Terbaik untuk Kulit Berminyak