Sukses

Beauty

Penyebab Munculnya Spider Vein dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Sering melihat guratan merah seperti jaring laba-laba pada wajah atau kaki? Kondisi inilah yang disebut dengan spider vein. Kemunculan spider vein biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tapi mampu mempengaruhi rasa percaya diri seseorang karena kehadirannya.

Spider vein timbul dengan warna yang berbeda-beda. Ada yang berwarna kebiruan, ungu, atau kemerahan. Bentuknya juga beragam, ada yang hanya berbentuk garis saja, seperti sarang laba-laba, atau menyerupai bentuk ranting yang bercabang.

Seperti yang dilansir dari Medicalnewstoday.com, simak penyebab dan cara mengatasi spider vein yang dianjurkan.

Penyebab:

Spider vein terjadi akibat katup pembuluh darah vena tersumbat dan menyebabkan darah tak bisa mengalir lancar hingga menimbulkan tampilan garis halus tersebut. Selain itu, faktor genetik, pertambahan usia, dan juga perubahan hormon, kerap menjadi penyebab utama timbulnya spider vein. Bahkan terlalu lama duduk atau berdiri bisa membuat darah sulit mengalir hingga menimbulkan spider vein. 

Cara mengatasi spider vein

Cara mengatasinya:

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk mengatasi spider vein dianataranya adalah:

1. Menggunakan stocking atau kaos kaki

Menggunakan kaos kaki atau stocking dapat memberi penekanan pada pembuluh darah di area bawah kaki. Tekanan ini bisa membantu aliran darah jadi lebih lancar dan mencegah timbulnya spider vein pada kaki.

2. Sclerotheraphy

Sclerotherapy menggunakan cairan yang disuntik langsung pada pembuluh darah dan mampu menjadikan aliran darah yang tersumbat kembali lancar. Prosedur ini mampu mengurangi memar dan membuat pembuluh darah kembali menyatu sehingga menjadikan tampilan pembuluh darah tersamarkan.Untuk menjalani treatment ini, maka harus dilakukan pada dermatologist, ahli pembuluh darah, dokter bedah plastik, dokter ahli bedak kosmetik, dan sejumlah tempat yang dianjurkan. Baisanya, setelah melakukan treatment ini, maka orang tersebut akan diwajibkan untuk memakai stocking selama beberapa minggu hingga spider vein hilang secara tuntas.

Laser treatment

Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan prosedur laser treatment. Biasanya, laser akan fokus pada area yang ingin dilakukan tiindakan dan biasanya tidak memerlukan suntikan apapun.

Tindakan pencegahan:

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah spider vein muncul, diantaranya adalah:

1. Menggunakana sunscreen.

2. Mengatur berat badan.

3. Menggunakan stocking kompresi.

4. Banyak bergerak.

5. Hindari pakaian ketat.

6. Hindari terlalu banyak menggunakan sauana.

7. Batasi konsumsi alkohol.

8. Olahraga secara teratur.

Dengan melakukan tindakan pencegahan di atas, tentunya kamu bisa terhindar dari timbulnya spider vein yang mengganggu penampilan.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Mitos Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah yang Wajib Diketahui