Sukses

Beauty

6 Kesalahan yang Kerap Terjadi dalam Perawatan Rambut Ikal

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut ikal perlu sedikit perhatian ekstra dalam merawatnya. Tapi kamu tidak perlu khawatir, rambut ikal ternyata sedikit lebih halus daripada rambut bertekstur lurus, dan semakin kencang ikal atau gulungan rambut, semakin rapuh untaiannya. Jadi penting untuk kamu yang memiliki rambut ikal untuk mengetahui bagaimana merawatnya dengan benar agar rambutmu tetap terlihat indah.

Dilansir dari Allure.com beberapa penata rambut memberikan sedikit penjelasan tentang kesalahan umum yang harus kamu hindari jika ingin rambut ikal tetap indah dan sehat.

1. Membersihkan rambut

Mencuci rambut setiap hari adalah hal yang tidak boleh dilakukan bila kamu memiliki rambut ikal atau bergelombang. Jenis rambut seperti ini membutuhkan minyak alami. Menurut Cesar Ramirez, penata rambut asal Amerika mengatakan dengan mencuci rambut terlalu sering, kamu akan membuat rambutmu menjadi kering, sehingga kamu cukup membersihkannya sekali atau dua kali dalam seminggu.

2. Mengeringkan rambut dengan metode yang salah

Mengeringkan rambut secara alami tanpa sering menggunakan alat pengering adalah pilihan terbaik untuk membentuk ikal rambut agar terlihat indah natural, sehingga kamu tidak perlu mengeringkan rambut dengan hair dryer. Paparan udara panas secara langsung pada rambut rupanya menjadi cara tercepat untuk merusak helaian rambut dan mengakibatkan rambut mengembang.

3. Melewatkan kondisioner

Rambut ikal seringkali terlihat kering dan kusam. Perlu kelembapan ekstra untuk membuatnya tetap terawat dan berkilau. “Untuk rambut keriting, pastinya membutuhkan hidrasi, dan kilau. Kamu bisa mencari produk kondisiener dengan kandungan pelembap yang bermanfaat seperti minyak kelapa, shea butter, dan minyak argan.” kata Franck Izquierdo, salah satu pendiri IGK Hair.

4. Menggunakan handuk Terrycloth

Terrycloth memiliki tonjolan-tonjolan kecil yang menggembungkan kutikula rambut kamu, sehingga membuatnya menjadi gulungan. Handuk ini juga menyerap terlalu banyak air dari rambut, yang bisa membuatnya kusut. "Gunakan handuk berbahan katun atau handuk microfiber untuk mengeringkan rambut" saran Ramirez. "Kamu akan melihat perbedaannya. Rambut kamu tidak lagi terlihat kusut." Pungkasnya.

5. Terlalu banyak terpapar panas

Terpapar panas adalah penghancur tekstur ikal pada rambut yang utama. "Hanya ada satu lintasan dari flat iron atau curling iron secara permanen yang dapat mengubah pola ikal rambutmu" kata penata rambut David Lopez. “Coba matikan flat iron atau curling ironmu saat rambutmu sudah sedikit terbentuk, kamu masih akan mendapatkan hasil yang kamu inginkan dengan kerusakan yang lebih sedikit." Tentu saja, jangan lupa untuk menggunakan krim rambut untuk meminimalisir kerusakan yang lebih parah.

 

6. Merawat rambut dengan proses kimia

Tahukah kamu bahwa perawatan kimia sementara dapat secara permanen mengubah tekstur dan kilau rambut. "Apa pun yang memaksa rambut ikal untuk melawan sifat aslinya, seperti perawatan keratin menciptakan ikatan baru yang melekat pada protein di permukaan untaian rambut." jelas ahli kimia kosmetik Ni'Kita Wilson. "Ikatan ini mengubah struktur rambut tanpa merusak ikatan alami seperti pada relaxer. Ini tidak permanen karena tidak mengubah atau menghancurkan ikatan alami rambut, tetapi mereka tidak mudah luntur, seperti halnya dengan relaxer, ketika pertumbuhan rambut baru memenuhi rambut yang dirawat tadi, maka akan terjadi kerusakan."

Jangan lagi melakukan 6 kesalahan umum di atas agar rambut ikal milikmu tetap sehat dan berkilau. 

Penulis: Iffah Nurahmah

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Atasi Permasalahan Penuaan Dini dengan 5 Tips Paling Efektif Menurut Dermatologis
Artikel Selanjutnya
6 Foundation Ini Berikan Hasil Matte Terbaik untuk Kulit Berminyak