Sukses

Beauty

Cegah Jerawat Jelang Menstruasi dengan 6 Makanan Sehat Ini

Fimela.com, Jakarta Sebelum menstruasi, biasanya perut akan terasa kembung dan kram. Namun apakah kamu menyadari jerawat juga menjadi salah satu indikasi dimulai periode menstruasi itu sendiri.

Masa jerawat adalah akibat dari fluktuasi hormon dalam tubuh kita dan cenderung menghilang saat menstruasi berakhir. Penyebab utama jerawat adalah peningkatan produksi androgen dalam tubuh sebelum atau selama minggu-minggu menstruasi.

Ini memicu kelenjar sebaceous untuk mengeluarkan sejumlah besar minyak yang dikenal sebagai sebum. Terlalu banyak sebum pada kulit menyediakan tempat berkembang biak bagi bakteri yang menyebabkan jerawat. 

Melansir dari boldsky.com berikut adalah makanan yang akan membantu memerangi masa jerawat.

 

Brokoli, Alpukat, Kembang Kol

1. Brokoli

Periode jerawat yang utama disebabkan karena masalah pada hati. Sayuran merupakan pilihan yang baik untuk mengobati jerawat saat mereka membantu detoksifikasi hati dan membuatnya bekerja secara efisien, sehingga mencegah jerawat muncul.

2. Alpukat

Siapa yang tidak tahu jika alpukat kaya akan lemak sehat seperti asam lemak dan omega-3.  Senyawa ini membantu melawan peradangan dan mengurangi jerawat. Kalium dalam alpukat juga bertindak sebagai diuretik dan mengeluarkan kelebihan natrium dari tubuh kita yang menjadi penyebab jerawat dan penyakit kulit lainnya.

3. Kembang kol

Sayuran ini kaya antioksidan yang membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dan membantu melawan masalah kulit yang juga sering terjadi. Kembang kol juga mengandung polifenol yang membantu mengurangi produksi sebum dan mengobati periode jerawat.

 

 

Delima, Teh Hijau, Yoghurt

4. Delima 

Buah yang luar biasa ini kaya antioksidan, vitamin C dan flavonoid yang sangat baik untuk masalah yang berhubungan dengan kulit. Vitamin C dalam buah delima membantu mengatur produksi sebum sementara antioksidan membantu melawan bakteri yang menyebabkan jerawat.

5. Teh hijau

Polifenol adalah senyawa aktif dalam teh hijau yang membantu memerangi gejala jerawat periode seperti kemerahan dan iritasi kulit. Teh hijau adalah anti-androgenik yang membantu mengurangi produksi sebum di kulit. 

6. Yoghurt

Yoghurt memiliki sifat antibakteri alami.  Bakteri yang ada dalam probiotik ini membantu memerangi bakteri yang ada di kulit. Yoghurt membantu memulihkan kulit yang sehat dan mencegah jerawat lebih lanjut.

Simak Video Pilihan Berikut

#ChangeMaker 

;
Loading