Sukses

Beauty

Ini yang Harus Kamu Lakukan untuk Memanjangkan Kuku Lebih Cepat

Fimela.com, Jakarta Kuku panjang dan kuat menjadi dambaan setiap perempuan sebagai salah satu penunjang penampilan. Jika kamu menginginkan kuku yang panjang, mungkin kamu pernah mencoba nail art mewah atau hanya berharap agar kuku tumbuh dengan cepat. Padahal, tanpa nail extension kamu bisa memiliki kuku panjang hanya dalam waktu relatif singkat. Pasalnya, ada beberapa cara untuk mempercepat prosesnya.

Melansir dari Today Style para ahli kuku dan ahli kulit memaparkan tentang apa yang harus dilakukan untuk menumbuhkan kuku sedikit lebih cepat. Meskipun tidak mungkin untuk memberikan prediksi waktu yang tepat karena kuku setiap orang berbeda, namun rata-rata kuku akan cenderung tumbuh antara 3-4 mm dalam sebulan. Di sisi lain, kuku kaki membutuhkan waktu sedikit lebih lama dan biasanya tumbuh sekitar 1 mm per bulan.

Bagaimana kuku kamu tumbuh akan bergantung pada sejumlah faktor termasuk genetika, usia dan diet. "Banyak kondisi, kelainan medis, bahkan obat-obatan dapat mempengaruhi pertumbuhan kuku," kata Dr. Noelani Gonzalez, M.D., direktur dermatologi kosmetik di Mount Sinai West di New York City. Dia mengatakan faktor-faktor seperti usia lanjut, kondisi seperti eksim atau psoriasis, infeksi yang mempengaruhi seluruh tubuh atau kuku, waktu, dan bahkan musim dapat memperlambat pertumbuhan kuku yang berakibat tumbuh lebih lambat di malam hari dan selama musim dingin.

Kekurangan vitamin memperlambat pertumbuhan kuku

Jika rasanya kuku tumbuh secara perlahan dan cenderung lambat, mungkin juga kamu sedang kekurangan vitamin, karena itu bisa menjadi salah satu penyebabnya. "Kekurangan vitamin dapat berperan dalam laju pertumbuhan terutama jika kamu memiliki kadar B12, Kalsium, Vitamin C, atau zat besi yang rendah," kata David E. Bank, M.D., FAAD. Di sisi lain, kuku cenderung tumbuh cukup cepat saat kamu sedang hamil.

Bagaimana mempercepat pertumbuhan kuku?

Pertama, kamu harus menentukan mengapa pertumbuhan kuku sangat lambat.

"Jika itu adalah kondisi seperti psoriasis atau onikomikosis (jamur kuku) di mana kuku bisa berubah bentuk dan tumbuh perlahan, obat yang merawat kondisi itu akan mendorong kuku untuk tumbuh lebih cepat," kata Gonzalez.

Mengatasi Kuku Rapuh

Di sisi lain, jika kuku kamu sedikit rapuh, kamu dapat mengatasinya dengan beberapa cara:

  • Pertahankan diet seimbang

Sama seperti rambut, kuku membutuhkan vitamin dan mineral untuk tetap sehat.

  • 2. Cobalah suplemen

"Suplemen seperti Biotin adalah pilihan. Namun, Biotin belum terbukti meningkatkan pertumbuhan, tetapi mampu membuat kuku sehat secara keseluruhan," kata Gonzalez. Debra Jaliman, dokter kulit berbasis di New York, juga menyarankan suplemen kolagen.

  •  Memijat kuku

"Sama seperti menyikat rambut, memijat kulit kepala, akan menghilangkan kotoran dan meningkatkan aliran darah, begitu juga dengan memijat kuku, kamu akan meningkatkan pertumbuhan!" kata seniman kuku Julie Kandalec kepada Today.

  • Kikir kuku secara teratur

Menurut Kandalec, ini dapat membantu mencegah kuku pecah-pecah.

Untuk kamu yang sering memotong kuku demi meningkatkan pertumbuhannya, ternyata memotong kuku bukanlah solusi meningkatkan pertumbuhan kuku.

"Jika ujung kuku tidak sehat, rapuh atau terlalu tipis kuku akan menjadi pecah-pecah. Hal ini juga menyebabkan kuku menjadi lebih pendek. Kuku tidak diragukan lagi akan tumbuh lebih lama, "kata Gonzalez.

Seperti halnya rambut, kukumu seringkali dapat mencapai puncak pertumbuhan, dan genetika memainkan peran besar dalam seberapa cepat dan berapa lama mereka tumbuh.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading