Sukses

Beauty

Tanda-Tanda Kulit Wajah Membutuhkan Rutinitas dan Produk Perawatan Baru

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan pasti memiliki perasaan takut untuk mencoba produk perawatan kulit wajah yang baru. Hal ini karena, produk yang tidak cocok dapat membuat kulit mereka bermasalah. Itulah sebabnya kebanyakan orang tidak mengganti ataupun mencoba produk perawatan kulit lainnya jika memang sudah merasa cocok dengan apa yang mereka gunakan.

Tapi ada kalanya kamu harus mencoba produk perawatan kulit yang lain atau merubah rutinitas perawatan kulit wajah. Karena ternyata, perubahan cuaca dapat mengubah kondisi dan kebutuhan kulit. Tak hanya itu, lebih banyak SPF dibutuhkan untuk menghadapi teriknya matahari pada saat musim panas, dan lebih banyak membutuhkan pelembap untuk menghadapi keadaan saat cuaca dingin.

Northwestern Medicine mengatakan bahwa pembersih dan SPF adalah produk andalan untuk merawat kulit wajah. Kamu mungkin perlu menambahkan produk berbasis retinol atau serum antioksidan untuk menjaga produksi kolagen. Untuk perempuan yang mendekati masa menopause juga perlu memperhatikan ini karena hormon akan mempengaruhi kondiri kulit dalam proses tersebut.

Jika perawatan kulit wajah yang baru memberikan efek yang tidak biasa, jangan panik, karena bisa saja produk tersebut sedang melakukan pembersihan terhadap kulit. Terutama saat kamu menggunakan produk yang mengandung retinol.

"Namun, pembersihan merupakan bagian dari proses terapeutik dan akan membaik dengan penggunaan retinoid topikal yang berkelanjutan,” kata dokter kulit Joshua Zeichner.

 

Tips perawatan kulit wajah

Bahkan jika kulit kamu cocok dengan produk baru, biasanya tidak akan berefek langsung pada kulit. "Sulit untuk melihat hasil produk perawatan kulit yang baru sebelum delapan minggu," kata Kendra Bergstrom, asisten profesor klinis dermatologi di Fakultas Kedokteran Universitas Washington. Jika kamu menggunakan produk perawatan kulit yang baru, gunakanlah secara konsisten.

Tetapi jika kamu mengalami ruam atau iritasi yang sangat mengganggu di tempat-tempat tertentu pada waktu yang lama, dokter mengatakan kalau itu adalah tanda bahwa kamu harus mencoba produk yang lain. Dan jika kondisinya semakin memburuk, sebaiknya kamu langsung konsultasikan kepada dokter kulit.

Penulis: Zhafira Majdina

#changemaker

Loading