Sukses

Beauty

7 Efek Samping yang Mungkin Terjadi Setelah Waxing

ringkasan

  • Ternyata, waxing bisa menimbulkan beberapa efek samping jika tidak dilakukan dengan tepat
  • Mulai dari rambut yang tumbuh di dalam hingga pengelupasan kulit bisa terjadi karena waxing

Fimela.com, Jakarta Waxing menjadi salah satu cara terbaik yang digunakan untuk menghilangkan rambut di area tubuh tertentu. Teknik waxing akan mencabut rambut hingga ke akar dan membuat kulit tampil lebih mulus.

Meski waxing terlihat efektif untuk menghilangkan rambut, namun selama proses pengerjaannya cukup menyakitkan. Tak heran jika waxing bisa mengakibatkan beberapa efek samping, seperti dilansir dari Boldsky pada Rabu (26/2/2020) berikut ini.

1. Rambut yang tumbuh ke dalam

Bukan hanya mencukur yang membuat pertumbuhan rambut menjadi ke dalam. Efek serupa juga bisa terjadi ketika melakukan waxing. Namun untuk menghindari rambut yang tumbuh ke dalam, kamu bisa lakukan eksfoliasi menggunakan scrub pada bagian tubuh yang hendak di waxing.

2. Kemerahan dan iritasi

Ini menjadi efek instan dan normal yang dirasakan setelah waxing sebagai efek pencabutan yang dilakukan secara paksa. Namun jika kamu memiliki kulit sensitif, kemerahan dan iritasi bisa terus menerus terjadi. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa aplikasikan pelembap setelah waxing. Kamu bisa gunakan gel aloe vera untuk meredakan iritasi kulit.

3. Kulit yang mengendur

Kulit mengendur adalah efek samping terbesar setelah waxing. Hal ini disebabkan karena waxing akan menarik paksa kulit untuk mencabut bulu. Sehingga kulit kehilangan elastisitasnya dengan penarikan yang konstan. Disarankan untuk tidak waxing terlalu sering. Berikan jeda sebulan setiap kali waxing. Tetap menjaga kelembapan dan nutrisi kulit.

 

4. Kulit yang menghitam

Inflamasi yang disebabkan oleh waxing akan membuat kulit menjadi hitam. Biasanya hal ini terjadi di area ketiak. Wax hangat yang diaplikasikan pada kulit akan menstimulasi produksi pigmen yang membuat kulit menjadi lebih gelap. Menghindari hal tersebut, kamu perlu mengaplikasikan pelembap setelah waxing. Dua hari setelahnya, lakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati.

5. Menjadi sensitif terhadap matahari

Setelah waxing, kulit cenderung lebih sensitif terhadap sengatan matahari. Waxing akan mengangkat seluruh lapisan kulit bagian atas. Untuk itu, disarankan untuk tidak keluar rumah setelah waxing. Aplikasikan sunscreen secara berkala sebelum keluar rumah.

6. Benjolan

Pada beberapa orang, kulit akan timbul bintik-bintik merah setelah melakukan waxing. Bintik merah yang sama sesudah kamu mencukur rambut. Mengatasi hal tersebut, aplikasikan pelembap dan jangan kenakan pakaian dengan bahan yang membuat kulitmu iritasi.

7. Pengelupasan kulit

Efek samping ini memang jarang terjadi. Namun jika kamu tidak merawat kulit dengan benar setelah waxing, bukan tidka mungkin jika kulit mengelupas. Biasanya kulit bisa mengelupas jika wax yang digunakan terlalu panas. Sehingga pastikan bahwa wax kamu gunakan memiliki suhu yang tepat.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading