Sukses

Beauty

Ini yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mewarnai Rambut Pirang dan Cara Merawatnya

Fimela.com, Jakarta Jika kamu memiliki rambut pirang, menjaga rambut pirang agar tetap sehat pastinya membutuhkan kerja keras. Terutama jika kamu mewarnai rambut dengan lebih ringan secara teratur, bahan kimia yang digunakan untuk mengupas helai pigmen mereka terlalu sering dapat menyebabkan tekstur kering, kusam, dan seperti jerami yang kurang mewah. Cara kamu merawat rambut pirang secara langsung dapat memengaruhi penampilan rambut, membuatnya mengkilap, dan sehat, belum lagi seberapa lama warna akan bertahan.

Melansir dari Hello Giggles, berikut adalah tips dari penata rambut selebriti hollywood untuk mempertahankan rambut pirang yang cerah dan sehar dengan cara terbaik. Berikut cara mewarnai rambut pirang agar rambut tetap sehat. 

1. Konsultasikan dengan penata rambut

Setiap kali Anda duduk di kursi salon untuk menyegarkan warna rambut kamu, kamu harus berkonsultasi dengan penata rambut kamu.

"Kesalahan yang dilakukan oleh banyak penata rambut adalah ketika seorang klien meminta rambut blondenya diwarnai, mereka hanya memasukkan banyak highlight," kata Anderson, salah seorang penata rambut. Dia juga menambahkan,  "Apa yang akhirnya terjadi adalah seluruh warna menjadi tidak bersuara karena tidak ada banyak kontras di sana. Kontras adalah kunci utama dalam hal pirang. ”

2. Bersikap Realistis

Penting untuk bersikap realistis tentang apa yang bisa dicapai rambut kamu berdasarkan kondisi rambut. Jika kamu memiliki rambut yang benar-benar gelap, mungkin diperlukan lebih dari satu sesi pewarnaan untuk mencerahkannya. Mungkin juga lebih aman untuk melakukannya secara bertahap.

Sementara Anderson mengatakan bahwa sangat bagus untuk datang ke salon dan menunjukan kepada penata rambut inspirasi rambut seperti apa yang kamu inginkan, dia juga mengatakan bahwa rambut tidak bisa cocok dalam satu ukuran untuk semua rambut. Jadi, apa yang berhasil untuk orang lain, bisa jadi tidak memiliki hasil yang sama pada rambutmu.

3. Pemeliharaan dan perawatan

Pirang super terang dan memutih yang dimulai dari akar akan membutuhkan banyak perawatan. Pikirkan tentang pemeliharaan dari dalam, juga rutin ke salon untuk perbaikan, dan lain sebagainya.

Jika kamu mencari cara perawatan untuk menjadi pirang yang mudah, kamu dapat mengurangi sentuhan warna untuk rambutmu sehingga mempermudah kehidupan rambut yang pirang.

Cara Merawat Rambut Pirang

Berikut merupakan 4 langkah untuk merawat rambut pirang agar tetap sehat dan warnanya todak cepat pudar. 

1. Gunakan purple shampoo atau sampo ungu

Sampo lavender adalah teman terbaik kamu jika memiliki rambut yang pirang. Anderson merekomendasikan mencari sampo dengan pigmen lavender tua (bukan lavender ringan), karena ini akan menetralkan warna kuning yang teroksidasi.

Untuk membuat rambut kamu berwarna cerah dan berkilau, gunakan sampo lavender seminggu sekali, untuk memotong kekuningan dan memperpanjang umur warna rambut kamu.

2. Tambahkan kembali minyak rambut

"Saat kamu mewarnai rambut pirang, kamu menarik semua pigmen untuk membuatnya lebih cerah," jelas Anderson. "Ini akhirnya mengeringkan rambut secara alami dan mengeluarkan minyak alami juga."

Karena itu, salah satu tip utama untuk menjaga rambut pirang tetap sehat adalah mengisi kembali dengan minyak berkualitas. Ini akan merehidrasi untaian dan membuatnya kurang rentan terhadap kerusakan. Kita tahu beberapa orang panik tentang ide menggunakan minyak rambut karena mereka pikir itu akan memberatkan rambut atau membuatnya terlihat berminyak, tetapi jangan takut, ada banyak pilihan minyak rambut yang bagus diluar sana. Cukup ambil satu atau dua tetes dan ratakan sampai ujung rambut untuk menyerap semuanya.

3. Gunakan alat yang lembut

Catokan atau alat-alat penatas rambut adalah satu kesalahan besar dalam hal menata rambut pirang, menurut Anderson. Rambut yang diputihkan secara alami akan menjadi lebih kering dan rapuh, jadi kamu tidak perlu menggandakan panas, yang dapat menyebabkan folikel rambut patah.

Anderson menyarankan menjauhi segala jenis alat penata rambut, karena ini akan mempertahankan panas dan menambah tekanan berlebih pada untaian. Sebagai gantinya, ia menyarankan agar orang-orang dengan rambut pirang menggunakan alat yang lebih lembut, dan tidak akan menarik atau menekankan kulit kepala atau helai rambut.

4. Rutin melakukan trim rambut

Jangan lupa untuk mengunjungi salin untuk trim reguler. Rambut yang diputihkan lebih rentan terhadap kerusakan, sehingga bahkan sesuatu yang sederhana seperti memotong ujungnya yang dapat membantu mengurangi kerusakan dan mengehntikan jalannya semakin jauh ke batang rambut.

#Changemaker

Penulis: Iffah Nurahmah

Loading