Sukses

Beauty

6 Hal yang akan Terjadi Ketika Kamu tidak Mencuci Rambut selama Dua Hari

Fimela.com, Jakarta Padatnya aktivitas sering membuat kita lupa merawat diri, terutama bagian-bagian tubuh seperti rambut. Terlalu fokus pada kesehatan kulit wajah atau tubuh, membuat kita sering lupa untuk menjaga kesehatan rambut. Padahal dalam hal tidak mencuci rambut saja kemungkinan ada banyak hal yang bisa terjadi. Tapi mencuci rambut setiap hari juga bukan hal yang baik.

Sisi positifnya, jika kamu jarang mencuci rambut berarti tekstur rambut lebih lembap, dan jauh lebih banyak waktu di pagi hari. Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu tidak mencuci rambut selama dua hari.

Melansir dari bustle, tekstur rambut setiap orang berbeda-beda dan unik, karenanya setiap jenis rambut akan membutuhkan perawatan yang berbeda. Jika kamu merasa khawatir tentang rambutmu, konsultasikan dengan pakar tentang seberapa sering kamu harus mencuci rambut untuk menjaga kesehatan rambut.

Simak beberapa hal menarik berikut ini yang bisa terjadi ketika kamu memutuskan untuk tidak mencuci rambut selama beberapa hari.

1. Rambut akan lepek

Tidak mencuci rambut dapat membuat rambut kamu menjadi lepek. Bagi sebagian orang yang beruntung, satu atau dua hari tanpa mencuci rambut tidak akan berdampak sama sekali. Tetapi untuk mereka yang memiliki rambut halus, bahkan dengan sedikit sentuhan minyak berlebih dapat membuat helaian rambut menjadi lepek dan lengket.

2. Rambut baru akan tumbuh ke arah yang tak beraturan

Anda mungkin pernah mengalami rambut yang tumbuh ke dalam setelah beberapa hari memotong rambut? Alih-alih disebabkan oleh pencukuran, rambut yang tumbuh ke dalam ini semua berkat rambut berminyak, sehingga semakin lama kamu tidak mencuci rambut maka semakin banyak pula kotoran dan minyak yang akan menumpuk di kulit kepala dan menyebabkan rambut tumbuh ke arah yang salah.

3. Rambut menjadi bau

Tidak mencuci rambut selama lebih dari dua hari bisa membuat aroma minyak jadi menyengat. Jika selama dua hari kamu tidak mencuci rambut, akan timbul aroma yang tidak sedap. Sebagai alternatif, semprotkan produk perawatan kepala dengan aroma yang membantu menyegarkan kulit kepala.

4. Rambut yang diwarnai dapat terhidrasi dengan baik

Rambut berminyak dapat membuat pewarnaan rambut menjadi sulit, tetapi ada juga bukti bahwa rambut berminyak sangat baik untuk rambut yang diwarnai. Minyak alami dapat menhidrasi rambut, meskipun tidak diwarnai. Jadi, jika itu yang dibutuhkan rambutmu, mencucinya setiap dua hari sekali bisa sangat membantu.

5. Ketombe mulai bermunculan

Tidak mencuci rambut setiap dua hari dapat menyebabkan ketombe bagi sebagian orang. Ketombe dapat disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Tak hanya itu apa bila dibiarkan rambut yang berminyak dan berketombe akan menyebabkan kerontokan. Saat kamu tidak mencuci rambut, itu akan memperburuk kondisinya. 

 

6. Rambut terasa gatal

Jika kamu tidak terbiasa mencuci rambut beberapa hari sekali, kamu bisa merasakan gatal seperti kesemutan yang merayap di kulit kepala. Minyak alami pada rambut yang bercampur dengan sebum dapat membuat rasa gatal yang tak tertahankan.

Penulis: Iffah

#changemaker

;
Loading