Sukses

Beauty

Miliki Rambut Keriting, Buat Sendiri Gel dari 2 Bahan Alami di Rumah

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut keriting memang membutuhkan perawatan ekstra. Selain membutuhkan hidrasi dan perawatan protein, styling juga sangat diperlukan untuk mendefinisikan ikal rambut. Untuk itu, produk-produk styling sangat dibutuhkan dan dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan rambut. 

Dilansir dari Naturally Curly, produk styling untuk rambut keriting ada berbagai macam. Mulai dari curl cream, curl milk, hingga gel yang berfungsi menahan ikal rambut agar tetap terdifinisikan sepanjang hari, bahkan untuk beberapa hari sekalipun. 

Gel rambut kerap kali mengandung alkohol. Meski bahan ini berfungsi sebagai bahan pengawet produk, namun alkohol bisa membuat rambut keritingmu bertambah kering. Sayangnya, sangat jarang produk gel rambut yang tidak mengandung alkohol sama sekali. Untuk itu, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami seperti flaxseed dan lidah buaya.  

Cara Membuat Gel Rambut

Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat gel rambut. 

  • 1 lembar lidah buaya besar
  • 1 cup flaxseed
  • 10 tetes minyak esensial untuk pengharum alami
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1 sdm minyak castor

Cara membuat: 

Masukkan 1 cup flaxseed ke dalam panci kecil. Lalu campur dengan air, masak hingga mendidih. Jangan lupa untuk menggunakan api kecil agar flaxseed tidak hangus. Setelah mendidih, matikan kompor dan saring ke dalam mangkuk kaca. 

Sementara menunggu air rebusan flaxseed dingin dan mengental, kupas kulit lidah buaya dan ambil dagingnya. Setelah itu, blender tanpa menambahkan air. Campurkan hasilnya ke dalam mangkuk yang berisi flaxseed dan aduk hingga rata. 

Masukkan 1 sdm minyak zaitun, 1 sdm minyak castor, dan 10 tetes minyak essensial ke dalam mangkuk tersebut. Lalu, aduk hingga rata. Gel rambutmu kini sudah bisa kamu aplikasikan ke rambut setelah menggunakan curl milk, curl cream, atau leave-in conditioner pada saat rambut masih basah. Selamat mencoba, ya!

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Lewat Aplikasi, Rawat Kulit agar Selalu Sehat Selama WFH
Artikel Selanjutnya
Ingin Makeup Tetap Prima Saat Cuaca Panas? Ini Cushion Compact Foundation yang Tepat