Sukses

Beauty

5 Zat yang Berfungsi Maksimal dalam Perawatan Kecantikan Kulit

Fimela.com, Jakarta Ada banyak manfaat dari beberapa jenis zat dalam perawatan kecantikan, seperti mencerahkan kulit, sebagai bahan anti aging dan juga penyembuh sel-sel kulit yang rusak. Setiap jenis zat memiliki konsentrasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan kulit. Sebaiknya amati terlebih dahulu apa yang dibutuhkan oleh kulit sebelum memilih kandungan zat yang akan kamu gunakan.

Ini adalah beberapa zat yang paling banyak dicoba dengan konsentrasi yang berbeda-beda, seperti dilansir dari newbeauty.com

1. Asam glikolat untuk kulit kasar dan rusak akibat sinar matahari

Sebagai bagian dari asam alfahidroksi (AHA) yaitu agen pengelupasan yang larut dalam air, asam glikolat adalah molekul terkecil dari semua asam, sehingga dapat meresap ke dalam kulit secara mendalam. Selain menyegarkan kulit, asam glikolat juga mampu mempercepat pergantian sel dan membantu merangsang produksi kolagen dan elastin baru. Tak hanya itu, zat ini juga berfungsi sebagai eksfoliator yang sangat baik dengan mengangkat lapisan luar sel kulit mati untuk membantu meredakan garis-garis halus, menyamarkan bekas luka, dan memperlancar pertumbuhan sel kulit baru.

2. Asam retinoat untuk merangsang kolagen

Asam retinoat ampuh digunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Berasal dari vitamin A, asam retinoat menghilangkan lapisan atas kulit mati untuk mengganti kulit baru yang sehat di bawahnya. Selain itu zat ini juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat.

3. Asam oleat untuk kulit yang dehidrasi

Asam oleat adalah asam lemak alami yang ditemukan dalam banyak minyak alami. Zat ini bermanfaat dalam memberikan kelembapan bagi kulit yang mengalami dehidrasi serius. Asam oleat juga regeneratif bagi kulit dan memiliki sifat anti-inflamasi yang luar biasa. Asam oleat yang ditemukan dalam minyak zaitun menjadikannya seperti sebum alami kulit, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan berjerawat.

4. Asam laktat untuk kulit kusam

Seperti asam glikolat, asam laktat juga merupakan AHA, namun memiliki tekstur yang lebih ringan. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif dan kering, asam laktat adalah jawabannya karena dapat membuat kulit lebih lembut. Bersumber dari buah-buahan, sayuran dan bahkan susu, membuat asam laktat juga berfungsi untuk melembapkan dan mencerahkan kulit. Hasilnya? Kecantikan pun dapat terjaga dengan maksimal.

 

5. Asam salisilat untuk mengatasi jerawat

Alasan mengapa asam salisilat bekerja sangat baik pada kulit berminyak dan berjerawat adalah karena zat ini dapat memecah apa yang menyumbat pori-pori, dan membantu membatasi timbulnya komedo. Perlu diingat bahwa asam salisilat dapat mengering, jadi jika kulit kamu rentan terhadap pengelupasan, sebaiknya gunakan bersamaan dengan pelembap yang ringan dan noncomedogenic.

Penulis: Iffah

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Alternatif Cara Mengobati Jerawat di Area Rahang Ketika Menstruasi
Artikel Selanjutnya
Stres Berlebihan Sebabkan Jerawat hingga Eksim pada Kulit