Sukses

Beauty

4 Kandungan Skincare untuk Melembapkan Kulit Kering dan Kusam

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara termudah untuk mendapatkan kulit yang bersinar dan tampak sehat adalah memastikan kulit lembap. Sebab itu, menemukan produk yang tepat untuk jenis kulitmu sedikit lebih rumit daripada yang terlihat.

Pertama, ketahuilah jika ada perbedaan dalam masing-masing bahan pelembap. Bahan-bahan yang menghidrasi benar-benar menambahkan air  ke dalam kulit. 

Di sisi lain, bahan pelembap membantu menjaga hidrasi di kulit dengan mencegah hilangnya air trans-epidermal (TEWL), yakni proses di mana air menguap dari kulitmu.

Beberapa produk biasanya mengandung kombinasi bahan pelembap tetapi sebenarnya sama sekali tidak melembapkan. Misalnya hydrating serum yang seringkali mengandung bahan-bahan pelembap tetapi tetap membutuhkan produk lain untuk menyegel air yang mereka berikan ke dalam kulitmu.

Kombinasi yang tepat dari bahan pelembab untuk kulitmu akan tergantung pada jenis kulit dan masalah yang sedang diatasi. Kulit yang cenderung kering kemungkinan akan membutuhkan bahan pelembap, sedangkan dengan kulit berminyak, bahan pelembap yang lebih oklusif dapat menyebabkan berjerawat.

Untuk membantu kamu mencari tahu apa yang harus dicari, berikut beberapa bahan perawatan untuk melembapkan kulit yang paling umum di luar sana melansir dari self.com.

 

Gliserin

Gliserin adalah humektan, artinya ia menarik air pada dirinya sendiri. Meletakkan gliserin di kulitmu akan membantu menarik air ke dalam kulit.

Meskipun bahan pelembap lain mungkin menjadi sorotan belakangan ini, gliserin masih merupakan salah satu bahan pelembap paling umum yang akan kamu lihat di label komposisi produk.

 

Asam hialuronat

Asam hialuronat atau hyaluronic acid adalah salah satu bahan perawatan kulit yang paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Diperkirakan bahwa humectant yang trendi ini dapat menampung hingga 1.000 kali beratnya dalam air.

Asam hialuronat terdapat dalam semua jenis produk perawatan kulit dan dokter kulit sering merekomendasikan bahwa pada dasarnya semua jenis kulit mencari bahan ini ketika membutuhkan hidrasi. Asam hialuronat tidak menyebabkan iritasi. Jadi, bahan pelembab ini cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

Ceramide

Ceramide adalah bagian penting untuk melindungi kulit secara alami. Ceramide ada di antara sel-sel kulit yang membantu menjaga hidrasi dan potensi iritasi.

Kulit yang selalu kering, seperti dalam kasus eksim, kemungkinan memiliki masalah ini dan beberapa produk perawatan yang dirancang untuk mengobati kondisi-kondisi tersebut secara khusus menggunakan ceramide.

 

Petrolatum

Petrolatum atau petroleum jelly bertindak sebagai penghalang oklusif dalam produk perawatan kulit untuk membantu mengurangi jumlah air yang hilang pada kulitmu. Bahan-bahan seperti ini mungkin mengintimidasi bagi mereka yang memiliki kulit berminyak karena komedogenik tetapi bagi yang memiliki kulit kering, bahan ini mungkin akan sangat penting.

#ChangeMaker 

Loading
Artikel Selanjutnya
Miliki Rambut Keriting, Buat Sendiri Gel dari 2 Bahan Alami di Rumah
Artikel Selanjutnya
Lewat Aplikasi, Rawat Kulit agar Selalu Sehat Selama WFH