Sukses

Beauty

Wajah Lebih Kencang, Ini 8 Cara Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Fimela.com, Jakarta Usia bukanlah satu-satunya parameter yang pasti untuk mengantisipasi munculnya kerutan wajah atau wrinkles, karena kulit yang beregenarasi bukan hanya didasari pada masalah usia saja, namun juga gaya hidup.

Jika kamu merasa selalu merawat kulit dengan baik namun garis halus bahkan kerutan muncul begitu saja di kulit kamu, itu artinya kamu harus memeriksa kembali perawatan kulit apa yang telah kamu lakukan. Namun, jika kerutan memang sudah muncul, kamu tidak perlu khawatir sebab berikut ini adalah 6 tips untuk mengurangi kerutan atau garis halus di wajah, melansir dari Web MD.

1. Praktik perawatan kulit yang baik

Jika kamu benar-benar ingin menjaga kulit agar terlihat muda, mulailah dengan hal-hal penting. Hindari sinar matahari, jangan meninggalkan tabir surya saat beraktivitas diluar rumah, kenakan pakaian yang dapat melindungi kulit dari matahari (seperti baju dengan lengan panjang dan celana panjang), jangan merokok, gunakan pelembab.

2. Perbaiki posisi tidur

Ketika kamu tidur di posisi tertentu setiap malam, itu mengarah ke "garis tidur" yang menyebabkan kerutan terukir di lapisan kulit teratas dan tidak memudar begitu kamu bangun. Tidur miring akan menyebabkan kerutan di pipi dan dagu, sementara tidur tengkurap membuat alis kamu berkerut.

3. Jangan Menyipitkan Mata

Ekspresi wajah yang kamu lakukan berulang-ulang seperti menyipitkan mata saat membaca terlalu banyak melatih otot wajah dan membuat lekukan di bawah permukaan kulit. Akhirnya lekukan-lekukan itu menjadi keriput. Jadi jagalah agar mata kamu tetap dalam posisi lebar. Pakailah kacamata baca jika kamu membutuhkannya. Kacamata hitam juga dapat melindungi kulit di sekitar mata dari kerusakan akibat sinar matahari dan membuat kamu tidak menyipit.

4. Gunakan perawatan kulit yang mengandung Alpha-Hydroxy Acids (AHA)

Asam alami ini mengangkat lapisan atas sel kulit mati. Itu membantu mengurangi pori-pori, garis-garis halus, dan kerutan permukaan, terutama di sekitar mata. Bentuk AHA yang lebih kuat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit kamu. Itu adalah protein yang mampu membuat kulit lebih kencang. Menggunakan AHA dapat membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap matahari, jadi jangan lupa kenakan tabir surya setiap hari.

5. Jangan terlalu sering mencuci wajah

Keran air mengupas kulit dari kelembaban dan minyak alami yang melindungi dari kerutan. Jika kamu terlalu sering mencuci wajah, kamu akan menghilangkan perlindungannya. Gunakan sabun dengan pelembab, atau pembersih gel atau krim.

6. Gunakan Vitamin C

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa krim dengan vitamin C dapat meningkatkan jumlah kolagen yang dihasilkan kulit. Vitamin C, melindungi terhadap kerusakan dari sinar UVA dan UVB, dan membantu mengurangi kemerahan, bintik-bintik gelap dan warna kulit tidak merata. Kamu harus menggunakan produk kulit dengan jenis vitamin C yang tepat.

7. Menggunakan kedelai sebagai perawatan kulit

Kedelai dapat meningkatkan penampilan kulit dan juga melindunginya. Studi menunjukkan kedelai yang dioleskan pada kulit atau dikonsumsi sebagai suplemen dapat membantu melindungi atau bahkan menyembuhkan kerusakan akibat sinar matahari. Ini dapat membantu struktur kulit untuk membuatnya lebih kencang dan mampu meratakan warna kulit.

8. Gantikan kopi dengan cocoa

Satu studi menunjukkan bahwa cocoa dengan antioksidan yang tinggi dapat dengan baik melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke sel-sel kulit, menjaga kelembaban kulit, dan membuat kulit terlihat dan terasa lebih halus.

#ChangeMaker

Penulis: Iffah Nurahmah

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Makeup untuk Terlihat Lebih Muda dalam Seketika
Artikel Selanjutnya
4 Kandungan Skincare untuk Melembapkan Kulit Kering dan Kusam