Sukses

Beauty

MUA Kiky Lutan Berbagi Cerita Makeup Aman di Tengah Pandemi Virus Corona

ringkasan

  • Makeup artist Kiky Lutan menambah proteksi diri dan kliennya selama pandemi virus corona atau Covid-19
  • Sebab profesi MUA sebagai perias wajah pasti bersentuhan langsung dengan area mata dan mulut

Fimela.com, Jakarta Makeup artist memiliki pekerjaan yang belakangan ini kerap mendapat peringatan berkaitan dengan penyebaran virus corona atau Covid-19; menyentuh wajah, terutama mata dan mulut. Namun karena memang tugasnya merias wajah, tentu para MUA menghadapi hal serius tentang menjaga kebersihan. 

Seperti MUA langganan selebritas Kiky Lutan yang semakin menjaga personal hygine-nya, meski selama ini ia telah mempraktikkan kebiasaan sehat tersebut. Terutama membersihkan makeup tools seperti brush, sponge, dan peralatan lainnya.

Selain menjaga kebersihan makeup kit, sebagai MUA juga wajib memastikan kehigienisan diri sendiri. Seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makeup, dan tidak menyentuh wajah yang didandani secara langsung.

"Jadi aku pakai tissue sebagai pembatas kulit tangan MUA dengan kulit wajah klien. Bedanya juga, sekarang aku memakai masker untuk melindungi klien dan MUA dari apa pun yang mungkin ada di udara selama proses makeup," cerita Kiky lewat WhatsApp pada fimela, Kamis (19/3).

Cegah Kulit Tangan dan Kulit Wajah Bersentuhan Langsung

Antisipasi pemakaian tissue diutamakan saat merias bagian mata. Jaga-jaga jika tangan tidak sengaja menempel pada kulit di area tersebut. 

"Misalnya lagi pas jepit bulu mata atau pengaplikasian bulu mata palsu," lanjut Kiky. 

 
 
 
View this post on Instagram

Bumil Cantik @_irishbella_ make up soft dan natural Yang suka ayo tunjuk tangannya 🙋🏻‍♀️🙋🏻 #irishbella

A post shared by Kiky Lutan (@kikylutan) on

Selain pemakaian masker dan tissue, Kiky juga menambahkan proteksi lewat pengukuran suhu tubuh sebelum mulai merias. Seperti klien terakhir sebelum ia ikut swakarantina, Irish Bella. 

"Terakhir aku ke rumah Irish Bella dicek suhu tubuh juga supaya sama-sama nyaman.  Untuk lebih merasa aman, aku selalu suggest untuk memakai lipstik pribadi juga," sambungnya. 

Pandemi virus corona juga ikut mempengaruhi profesinya sebagai MUA, seperti syuting musik video dan event lain yang ditunda. Namun demi kepentingan bersama, ia pun menerima sebagai keputusan terbaik.

"Jadi aku libur dulu juga selama 14 hari untuk self qurantine. Kalau sudah mengerti karakter virusnya, buat kita lebih aware dan meminimalisir penularan dan ditularkan, yang penting jaga kebersihan, social distancing, dan ikuti imbauan pemerintah," tutupnya.

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Perawatan Kulit Lebih Optimal dengan Masker Terbaru dari Olay
Artikel Selanjutnya
Pandemi Virus Corona, Wardah Ulurkan Bantuan untuk Atasi Wabah COVID-19