Sukses

Beauty

Cara Membersihkan Kuas Makeup dengan Tepat dan Bersih dari Bakteri

Fimela.com, Jakarta Untuk kamu yang setiap hari menggunakan kuas makeup, wajib untuk membersihkannya secara teratur. Kuas makeup yang dibiarkan kotor adalah tempat yang paling tempat untuk berkumpulnya bakteri dan kotoran. Tak hanya itu, jika kuas yang kotor tetap digunakan, dapat menyebabkan munculnya jerawat bahkan masalah lain pada kulit wajah. 

Pastikan kuas makeup dibersihkan secara rutin setiap 7 hari. Kamu dapat menggunakan mesin permbersih kuas atau dibersihkan secara manual. Melansir dari bustle.com, berikut adalah beberapa cara tepat untuk membersihkan kuas makeup agar terbebas dari bakteri dan kotoran.

1. Gunakan mat pembersih kuas

Mat pembersih berbahan silikon adalah alternatif yang bagus untuk membersihkan kuas makeup. Cleaning mat ini memiliki enam tekstur penggosok yang berbeda untuk membersihkan berbagai jenis kuas. Kamu hanya tinggal menyiapkan sabun untuk menggosok kuas di atas mat.

2. Menggunakan sabun cair & minyak kelapa

Jika tidak memiliki cairan khusus pembersih kuas, kamu dapat menggunakan sabun cair yang ada di rumah kamu. Kamu juga dapat menambahkan minyak kelapa agar kuas kamu tidak menjadi kering atau rusak. Ulangi pembilasan menggunakan air mengalir hingga warna air sudah tidak keruh.

3. Mengeringkan kuas

Penting untuk mengeringkan kuas makeup dengan cara tepat setelah dicuci. Hal ini dikarenakan, genangan air di dasar bulu kuas dapat melonggarkan lem perekat dan membuatnya berjamur. Ada baiknya untuk kamu mengeringkannya dengan posisi menggantung. Jika tidak memungkinkan, kamu dapat menaruhnya di atas handuk dan membiarkan kuas-kuas kering dengan sendirinya.

 

4. Menyemprotkan antibakteri

Selain mencuci dan mengeringkannya secara rutin, ada baiknya untuk menyemprotkan antibakteri yang aman untuk wajah pada permukaan kuas. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan semua bakteri pada saat kontak dengan wajah dengan maksimal. Mungkin hal ini cocok untuk kamu yang menggunakan kuas makeup setiap hari.

Penulis: Dina

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading