Sukses

Beauty

5 Cara Cegah Jerawat Saat Pakai Masker Selama Pandemi Virus Corona Terjadi

Fimela.com, Jakarta Stres tentu menyebabkan perubahan kondisi pada kulit. Apalagi di tengah pandemi virus corona yang terjadi. Tak hanya tubuh dan pikiran saja yang mengalami stres dan cemas, tapi kulit juga ikut berubah dan tak sedikit yang justru mengalami jerawat.

Selain stres, penggunaan masker yang kini wajib dipakai untuk menghindari penularan virus corona juga ternyata dapat mengalami timbulnya jerawat pada kulit. Penggunaan masker yang terus menerus juga bisa menimbulkan iritas, pda kulit. Hal ini juga bahkan sudah banyak dialami oleh para petugas medis yang membantu penanganan virus corona.

Penggunaan masker selama virus corona terjadi dapat membuat area wajah menjadi lembap, dan menimbulkan keringat serta minyak pada kulit. Alhasil, kulit jadi mudah mengalami inflamasi hingga breakout. Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Seperti yang dilansir dari Refinery29.com, simak langkahnya berikut ini.

Cara mencegah jerawat selama memakai masker di tengah wabah virus corona

1. Mencuci wajah sesudah dan sebelum menggunakan masker

Setelah mencuci tangan, kamu juga harus membersihkan wajah sesudah dan sebelum memakai masker. Gunakan foaming cleanser yang dapat mengangkat minyak berlebih pada kulit secara efektif sekaligus menghidrasi kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, maka bisa mengandalkan sabun pencuci wajah dengan kandungan salicylic acid di dalamnya. Tapi jika kulitmu cenderung kering, maka penggunaan sabun pencuci wajah dengan formula lembut bisa jadi pilihan yang baik.

Rekomendasi: Kiehl's Blue Herbal Acne Cleanser Treatment

2. Gunakan pelembap ringan

Jika sudah membersihkan wajah, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap. Walau kulit kamu berminyak, namun pelembap wajah adalah perawatan yang wajib diaplikasikan. Jadi dengan kelembapan yang terjaga, maka skin barrier juga semakin kuat, sehingga kulit akan lebih terminimalisir dari iritasi yang terjadi.

Rekomendasi: Mamonde Rose Water Gel Cream

Cara mencegah jerawat selama memakai masker di tengah wabah virus corona

3. Hindari memakai makeup di bawah masker

Saat pakai masker, maka cukup gunakan makeup di area wajah mulai dari bagian hidung ke atas. Hindari menggunakan makeup pada area bawah masker. Tujuannya adalah untuk menghindari potensi por-pori tersumbat yang pada akhirnya justru menimbulkan jerawat.

4. Pilih bahan masker yang terbuat dari katun

Katun memiliki rongga kain yang breathable dan aman bagi kulit. Oleh sebab itu, bahan katun adalah material yang disarankan karena kainnya tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Dan ingat, usahakan untuk menggunakan masker sesuai ukuran sehingga kain tidak mengalami gesekan yang signifikan yang dapat memicu kulit jadi iritasi.

Cara mencegah jerawat selama memakai masker di tengah wabah virus corona

Jika kulitmu terlanjur mengalami iritasi, maka segera atasi dengan healing ointment. Namun bila kamu terlanjur mengalami masalah jerawat, seperti munculnya komedo hingga jerawat putsula, maka benzoil peroksida atau salicylic acid adalah kandungan yang bisa membantu mengatasi jerawatan dengan efektif.

Rekomendasi: Mario Badescu Drying Lotion

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Mengatasi Jerawat yang Muncul di Kulit Kepala
Artikel Selanjutnya
Masker Tipe C Berstandar SNI Pertama di Indonesia, Mampu Lindungi Kamu dari Virus