Sukses

Beauty

Kenali Jenis Pembersih Wajah yang Wajib Kalian Tahu

Membersihkan wajah adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan. Pembersih wajah adalah produk skincare yang bisa membantu menyembuhkan masalah kulit. Produk ini akan mengangkat kotoran yang menempel pada kulit.

Ternyata pembersih wajah itu ada banyak jenisnya. Selain itu, pembersih wajah juga memiliki manfaat yang berbeda-beda. Sahabat Fimela harus menggunakam pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit.

Kesalahan dalam membeli pembersih wajah, dapat menyebabkan masalah kulit. Contohnya adalah kulit berjerawat. yuk kenali jenis pembersih wajah yang wajib kalian tahu:

Jenis Pembersih Wajah

1. Clay Cleanser

Clay cleanser adalah pembersih wajah yang dikombinasikan dengan tanah liat. Clay cleanser ini cocok untuk kulit berminyak. Kandungan clay pada pembersih wajah ini, bisa membantu menyerap minyak berlebih di kulit wajah.

2. Cleansing Gel

Cleansing gel memiliki tekstur yang bening seperti gel. Produk cleansing gel biasanya bisa membersihkan hingga kulit terdalam, atau biasa disebut dengan deep cleansing. Dengan teskturnya yang bening, cleansing gel ini biasanya ada yang mengeluarkan busa, ada juga yang tidak berbusa. Cleansing gel ini dikhususkan untuk kulit yang cenderung berminyak, atau diformulasikan untuk kulit kombinasi.

Karena cleansing gel ini bisa membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengangkat minyak berlebih, dan melawan bakteri penyebab jerawat. Biasanya cleansing gel juga mengandung eksfoliasi, atau mengandung antibakteri.

3. Facial Foam

Facial foam atau yang biasa disebut dengan cleansing foam, merupakan pembersih wajah yang memiliki formula ringan. Biasanya memiliki tekstur krim atau gel, namun waktu digosok teksturnya berubah menjadi busa. Facial foam ini juga cocol digunakan untuk kulit yang berminyak, dan wajah yang rentan berjerawat. Facial foam ini bisa digunakan setiap hari, karena teksturnya ringan untuk kulit, kemudian peran untuk mengangkat minyak di wajah. Setelah menggunakan facial foam, wajah akan lebih lembut dan segar.

Jenis Pembersih Wajah

4. Milk Cleanser

Milk cleanser atau cleansing milk adalah pembersih yang sudah populer dari dulu, untuk membersihkan makeup. Milk cleanser memiliki tekstur encer, dan beraroma seperti susu, dengan banyak manfaat serta jenis kandungannya. Milk cleanser ini digunakan untuk membersihkan makeup, sekaligus membantu melembabkan wajah. Produk milk cleanser ini sangat cocok digunakan kulit kering. Setelah menggunakan milk cleanser ini, bisa dilanjutkan dengan mencuci wajah dengan sabun, atau cukup diberikan toner saja.

5. Cleansing Cream

Cleansing cream hampir sama dengan milk cleanser. Cleansing cream memiliki tekstur seperti lotion. Biasanya memiliki tekstur sedikit kental, dan teksturnya sedikit lengket di kulit. Produk ini memiliki fungsi untuk membersihkan wajah, sekaligus melembapkan kulit. Produk ini cocok untuk digunakan kulit kering, dan juga kulit yang cenderung sensitif.

6. Cleansing Oil

Cleansing oil adalah pembersih wajah dengan tekstur seperti minyak. Produk ini sangat cocok digunakan untuk kulit yang kering. Cleansing oil bisa melunturkan i yang waterproof, serta membersihkan pori-pori yang tersumbat. Setelah membersihkan wajah dengan cleansing oil, gunakan air hangat untuk menghilangkan minyak.

Jenis Pembersih Wajah

7. Micellar Water

Micellar water adalah pembersih makeup yang disukai perempuan jaman sekarang. Karena pembersih ini sangatlah praktis digunakan. Micellar water memiliki tekstur air, yang mampu membersihkan makeup waterproof. Micellar water memiliki komponen micelles, yang bekerja seperti magnet, dan mengekstraksi partikel kotoran di pori-pori.

Micellar water sangat praktis, dan sangat cocok digunakan pada saat berpergian. Karena micellar water memiliki konsistensi yang seimbang, micellar water cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Namun beberapa micellar water ada yang memiliki kandungan alkohol. Sehingga kulit yang berjerawat atau sensitif, harus hati-hati menggunakan micellar water.

8. Cleansing Wipes

Cleansing wipes ini hampir sama dengan tisu basah. Cleansing wipes merupakan tisu yang dilengkapi dengan formula pembersih. Cleansing wipes sangat cocok untuk membersihkan makeup, atau kotoran wajah saat dalam perjalanan.

Walaupun produk ini sangat praktis untuk membersihkan wajah, namun beberapa cleansing wipes memiliki kandungan alkohol. Kandungan alkohol bisa membuat kulit mengering, sehingga produk cleansing wipes sangat cocok digunakan untuk kulit cenderung normal.

9. Exfoliating Cleanser

Exfoliating cleanser merupakan pembersih yang bisa mengeksfoliasi kulit. Pembersih ini cocok untuk semua jenis kulit. Tetapi tidak boleh digunakan pada kulit sensitif. Selain membersihkan pori-pori yang tersumbat kotoran, exfoliating cleanser ini juga mampu mengangkat sel kulit mati. Walaupun produk exfoliating cleanser sangat bagus, namun produk ini tidak bisa digunakan setiap hari. Produk exfoliating cleanser ini memiliki tekstur seperti scrub. Jika digunakan setiap hari akan membuat kulit kering. Sehingga gunakanlah produk exfoliating cleanser ini seminggu 1 atau 2kali saja.

10. Cleansing Balm

Cleansing balm adalah pembersih yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit, dan bisa membantu melunturkan makeup di wajah. Cleansing balm adalah pembersih wajah yang terbuat dari minyak, namun berbentuk balm atau balsem. Produk cleansing balm ini memiliki tekstur yang padat, dan akan meleleh jika diaplikasihkan di wajah. Biasanya cleansing balm diambil menggunakan spatula, lalu di ratakan di wajah dengan gerakan tangan memutar. Lalu diangkat menggunakan kapas. Setelah menggunakan cleansing balm, bisa dilanjut dengan menggunakan sabun wajah.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading