Sukses

Beauty

Bekas Luka Timbulkan Keloid? Ini Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Keloid adalah bekas luka dengan tampilan yang terlihat jelas pada permukaan kulit. Keloid sangat kontras, dan bisa muncul pada siapa saja. Timbulnya keloid juga disebabkan oleh beragam bekas luka seperti, bekas luka bakar, bekas luka tindik, bekas luka operasi, bekas luka tergores, dan lain sebagainya.

Bekas luka yang menebal ini biasanya terlihat signifikan dan lebih besar dari luka tersebut. Walau para ahli mengatakan jika keloid disebabkan secara genetik dalam keluarga, sehingga biasanya, jika orangtua memiliki riwayat keloid, maka sang anak juga bisa mengalaminya.

Cara menghilangkan keloid

Keloid tidak berbahaya, tapi bekas luka ini sifatnya permanen. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasunya, yakni:

Operasi

Biasanya, keloid bisa diatasi dengan operasi. Namun sebelumnya, bekas luka yang akan dilakukan tindakan harus disuntik steroid terlebih dahulu, sehingga tidak menimbulkan bekas luka lainnya.

Cara mengatasi keloid pada kulit

Suntikan kortikosteroid

Langkah ini tergolong aman, namun cenderung menimbulkan rasa sakit. Suntikan ini diberikan pada bagian keloid secara rutin secara bertahap hingga keloid menipis.

Laser

Sedangkan laser dapat membatu meratakan keloid dan memudarkan warnanya. Walau tergolong mahal, tapi treatment ini cukup efektif untuk mengatasi bekas luka yang timbul seperti keloid.

Silikon gel

Cara ini sangat mudah dilakukan. Kamu bisa membalutkan silikon pada bagian kulit yang timbul keloid. Langkah ini harus dilakukan secara rutin agar hasilnya optimal.

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading