Sukses

Beauty

Manfaat Singkong untuk Kesehatan Kulit, Rambut dan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Mengonsumsi singkong ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, rambut dan tubuh. Singkong merupakan tumbuhan yang termasuk ubi-ubian, yang bisa dikonsumsi sebagai karbohidrat. Singkong mengandung karbohidrat yang tinggi setelah beras dan jagung. Sehingga singkong dijadikan makanan utama dibeberapa negara berkembang.

Singkong juga mengandung vitamin, mineral serat dan pati, yang merupakan zat nutrisi bagus untuk tubuh. Namun jika memasak singkong dengan cara yang tidak tepat, bisa menyebabkan kandungan zat gizi pada singkong berkurang.

Selain itu jika cara memasak singkong tidak benar, bisa membuat seseorang manjadi keracunan. Cara memasak yang dianjurkan adalah dengan merebusnya. Berikut manfaat singkong untuk kesehatan kulit, rambut dan tubuh:

Gunakan Singkong untuk Masker Wajah

Selain dikonsumsi, singkong juga bisa digunakan untuk masker wajah, untuk membuat kulit menjadi lebih cantik. Sebelum mengoleskan masker singkong, lebih baik basahi wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat, untuk membuka pori-pori pada wajah.

Jika pori-pori pada kulit wajah terbuka, maka masker akan mudah diserap di kulit, dan bisa memperbaiki tekstur pada kulit. Setelah masker singkong mengering, bilas wajah menggunakan air hangat, agar pori-pori tertutup kembali.

Lakukan perawatan masker wajah menggunakan singkong selama tiga kali seminggu, untuk mencegah dan menghilangkan bekas luka pada kulit.

Melembabkan Kulit

Singkong memiliki manfaat yang baik untuk menghidrasi kulit, sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan lembut. Singkong memiliki kandungan zat nutrisi berupa vitamin, yang bisa membantu melembapkan kulit wajah.

Rajin menggunakan masker yang terbuat dari singkong, dan mengonsumsi singkong bisa membantu menjaga kelembapan kulit.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Rambut yang memiliki pertumbuhan yang lambat, bisa menyebabkan kebotakan pada rambuh. Singkong dipercaya bisa membantu pertumbuhan rambut, dengan menggunakan akar dan daun singkong.

Akar dan daun singkong dapat digunakan untuk membuat masker rambut, dengan cara dihaluskan terlebih dahulu menggunakan minyak zaitun. Akar dan daun singkong yang sudah lembut, bisa dioleskan pada rambut satu jam sebelum keramas.

Lakukan perawatan ini dua kali seminggu, untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Mencegah Kerontokan Rambut

Rambut rontok menjadi masalah pada setiap perempuan, saat ia menyisir rambut. Singkong memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan rambut, agar tidak mudah rontok. Rambut rontok disebabkan karena kondisi rambut sedang kering, atau rusak karena bahan kimia.

Singkong bisa membantu menghidrasi rambut, dan memberikan nutrisi pada rambut, dari akar rambut hingga ujung rambut. Nutrisi yang terkandung pada singkong, bisa membantu mencegah kerontokan pada rambut.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Singkong biasanya dikonsumsi oleh perempuan yang sedang menjalankan program diet. Karena singkong mengantung protein dan karbohidrat. Selain itu singkong juga mengandung vitamin B dan C, serta mengandung lemak baik yang sangat bagus dikonsumsi pada saat diet.

Singkong merupakan bahan makanan yang rendah kalori, tetapi singkong memiliki kandungan serat yang tinggi. Singkong bisa membantu menurunkan berat badan, karena jika sudah mengonsumsi singkong, perut akan lebih mudah menahan rasa lapar.

Bagus untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Singkong merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, serta mengandung mineral, yang merupakan zat nutrisi yang baik untuk tubuh. Singkong juga mengandung serat yang tidak larut dalam air. Serat yang tidak larut dalam air ini akan membuat sistem pencernaan menjadi lancar.

Jika sistem pencernaan lancar, maka tubuh akan terdetoksifikasi, sehingga racun-racun dalam tubuh akan hilang.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Singkong mengandung asam folat dan vitamin C. Kandungan asam folat dan vitamin C dapat ditemukan pada daun singkong. Kandungan asam folat dan vitamin C, sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C bisa membantu membunuh virus dan bakteri. Kandungan ini juga mengandung antioksidan, yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh. Jika tidak dicegah, radikal bebas bisa menyebabkan kanker pada tubuh.

Asam folat yang terkandung pada singkong, bisa membantu memproduksi sel-sel imun yang ada pada tubuh. Sehingga bisa membantu meningkatkan sistem kekebala tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Singkong memiliki manfaat yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Biasanya jika tekanan darah tinggi, bisa menyebabkan stres pada seseorang.

Singkong memiliki kandungan yang kaya akan serat. Serat yang terkandung pada singkong bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading