Sukses

Beauty

Ini yang Terjadi Pada Kulit Jika Tidur Menggunakan Makeup

Fimela.com, Jakarta Menghapus makeup setelah digunakan seharian adalah rutinitas penutup sebelum tidur. Pastikan wajah benar-benar bersih dari makeup sehingga kulitmu bisa bernapas dan bisa beregenerasi dengan baik.

Tak jarang, saking lelahnya kita suka lupa menghapus makeup dari wajah. Sehingga kita tidur dengan wajah menggunakan makeup. Ahli dermatologi menyebut bahwa tidur dengan makeup merupakan ide yang buruk dan disebut sebagai point blank.

Dengan makeup yang masih menempel pada wajah membuat pori-pori tidak bisa bernapas dan membuatnya tersumbat. Karena menghalagi pori-pori, minyak tetap tertinggal di kulit dan bisa menyebabkan jerawat.

Perlu dipahami bahwa makeup bisa menangkap polusi di dalam kulit. Ditambah dengan stres dan peningkatan radikal bebas menyebabkan peradangan, kemerahan, hingga iritasi kulit. Peradangan kronis dapat menyebabkan penuaan dini. Termasuk peningkatan produksi pigmen dan degradasi kolagen.

Terlebih, kebanyakan produk makeup memiliki pewarna dan wewangian buatan. Ketika makeup tidak diangkat dari wajah bisa menyebabkan reaksi alergi atau dermatitis kontak pada kulit sensitif.

 

 

Kulit area mata yang lebih rentan

Namun ahli menuturkan jika hal ini hanya terjadi semalam, biasanya tidak akan memicu kerusakan kulit. Jika kamu benar-benar lelah, setidaknya lakukan pembersihan makeup pada area mata. Kulit mata memiliki lapisan kulit yang lebih tipis. Lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi. Kemungkinan kulit di area mata akan mengalami kerusakan dalam satu malam jika kamu lupa menghapus makeup.

"Tidur dengan makeup mata dapat meningkatkan risiko terkena kelenjar minyak yang tersumbat di kelopak mata. Kamu juga bisa berisiko terkena dermatitis kelopak mata atau iritasi akibat maskara yang menempel pada kelopak mata saat tidur," ungkap dr. Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di New York.

Jadi, betapa pentingnya membersihkan wajah sebelum tidur. Tidak selalu kamu harus menggunakan rangkaian skincare lengkap setiap malamnya. Yang paling penting, kamu harus membersihkan wajah dan menggunakan pelembap yang dapat membantu meningkatkan regenerasi sel.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading