Sukses

Beauty

10 Ramuan Rahasia Kecantikan Alami Perempuan Timur Tengah

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi jika perempuan Arab Saudi dikenal dengan kecantikannya. Dari rambut tebal berkilau hingga kulit yang memancarkan glowing alaminya.

Mereka mempraktikkan resep kecantikan alami yang sudah teruji dari zaman ke zaman. Rupanya resep kecantikan yang dipakai bisa dengan mudah ditemukan di dapur kita. 

Melansir dari abouther.com, berikut ini bahan-bahan alami yang biasa dipakai perempuan Arab Saudi untuk merawat kecantikan mereka. Bonus bisa menghemat anggaran kecantikan, apa saja?

Minyak Alpukat

Kandungan asam lemak pada alpukat membantu menyeimbangkan tingkat kelembapan kulit kita. Selain tentu saja memberi asupan vitamin antioksidan, A, E, dan C untuk melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut.

Campirkan setengah alpukat dengan madu mentah, oat, minyak kelapa, dan perasan jus lemon. Aplikasikan pada wajah sebagai masker yang akan membuat kulit khas perempuan Arab yang bercahaya. 

 

Oatmeal

Oatmeal memiliki efek menenangkan dan anti-inflamasi lewat kandungan 'beta glucan' yang merupakan serat larut yang menciptakan lapisan tipis penahan kelembapan pada permukaan kulit. Mereka biasa memasukkan segenggam oat ke dalam kain muslin dan mengikatny dengan karet hingga menyerupai bentuk bola. 

Rendam bola oat ke dalam air hangat, basuh wajah dengan perasan air dari bola tersebut pada wajah dan tubuh dan biarkan mengering dengan sendirinya. Bisa juga mengolesi air oat di bagian tubuh atau wajah tertentu.

 

 

Air Mawar  

 

Air mawar adalah rahasia kecantikan tertua di Timur Tengah yang mengurangi kerusakan serat elastin kulit dan menunda pembentukan kerutan. Selain menyemprotnya langsung ke wajah, kita bisa membekukannya dalam cetakan es dan bekukan.

Setelah membeku kita bisa menggosokkan ice cube pada wajah sampai leher hingga es meleleh dan biarkan mengering. Suhu dinginnya meningkatkan darah ke permukaan kulit untuk sirkulasi yang lebih baik, gunakan maksimal dua kali seminggu, 

Lemon

Ketika hidup memberikanmu lemon, gunakanlah untuk menghilangkan sel kulit mati. Caranya potong lemon segar menjadi dua dan peras sebanyak satu mangkuk.

Tambahkan 1/4 cangkir brown sugar dan 1/4 minyak zaitun lalu campurkan. Asam buah lemon akan mengangkat sel kulit mati sementara gula akan membantu menghilangkannya. Bilas dengan air hangat agar kulit tampak segar.

Krim Asam

Tak hanya untuk cocolan nacho, krim asam juga membuat masker pelembap menjadi tebal dan memberi efek pengelupasan kulit yang lembut. Kandungan asam laktat (alpha-hydroxy acid) membantu mempercepat pergantian sel dan menghasilkan kulit yang lebih cerah.

Tambahkan beberapa almond mentah ke dalam krim asam untuk meningkatkan eksfoliasi. Dan rasakan sensasinya saat menyentuh kulit kita.

Argan Oil

Selain air mawar, minyak argan juga jadi rahasia kecantikan tertua di Timur Tengah. Perempuan di Arab Saudi telah menggunakan ramuan minyak argan dari kepala sampai kaki selama berabad-abad.

Dengan kandungan asam lemak esensial, anti-oksidan, vitamin, dan mineral dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan serta melindungi kulit dan rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Madu

Haluskan satu mentimun dalam blender, saring dan pisahkan sari jusnya. Tambahkan dua sendok teh madu ke dalam jus dan aduk.

Tuangkan campuran ke dalam botol dan oleskan ke wajah dan leher menggunakan kapas lalu bilas. Ulangi setiap hari pada pagi dan sore.

Simpan campuran mentimun-madu di lemari es. Bisa tahan sampai satu minggu.

Kacang Kenari

Cara terbaik untuk membuat exfoliator dari kacang kenari adalah mencampur 1/4 walnuts yang dikupas dengan 1/2 cangkir minyak zaitun, dan satu sendok makan madu. Masukkan dalam food processor dalam speed lambat untuk menghasilkan scrub partikel halus.

Gosokkan campuran tersebut saat mandi secara merata di seluruh tubuh dan bilas. Resep ini sangat cocok untuk kulit sensitif.

Aloe Vera

Aloe vera memiliki kemampuan menembus tujuh lapisan kulit untuk melembapkan dan mengobati kulit terbakar. Ambil sepotong lidah buaya untuk mengekstraksi gel-nya dan campurkan dengan minyak argan. 

Olesi pada wajah di malam hari. Resep ini dipercaya melawan penuaan diri dan mencegah wrinkle di wajah.

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenali Milia, Kondisi Kulit Seperti Kista Akibat Penumpukan Keratin
Artikel Selanjutnya
7 Rekomendasi Lip Balm dengan Harga Terjangkau untuk Atasi Bibir Kering Saat Puasa Ramadan