Sukses

Beauty

8 Cara Efektif Mencegah Kulit Keriput

Fimela.com, Jakarta Kulit keriput menjadi satu dari beberapa tanda penuaan yang mungkin muncul. Umumnya, kulit keriput dan garis halus muncul ketika seseorang memasuki usia 30 ke atas. Sekali ia muncul akan menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk menyamarkannya.

Sebelum kulit keriput muncul, kamu bisa melakukan beberapa lakukan langkah pencegahan. Dilansir dari Healthline pada Sabtu (9/5/2020) setidaknya ada delapan cara untuk mencegah kulit keriput dengan efektif.

1. Melindungi dari matahari

Seperti yang kita ketahui, paparan akan bahaya sinar matahari merangsang penuaan dan kerutan yang muncul secara prematur. Untuk itu, kamu perlu melindungi kulit dengan mengaplikasikan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan 50 setiap hari. Berikan juga perlindungan ekstra dengan menggunakan topi, pakaian terang untuk memantulkan cahaya matahari, dan kacamata hitam.

2. Gunakan retinoid

Retinoid menjadi salah satu bahan anti penuaan yang paling banyak dipelajari. Retinoid memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen yang membantu kulit meregenerasi dirinya. Sekaligus membantu pembentukan pembuluh darah yang dapat membantu meningkatkan penampilkan dan tekstur kulit.

3. Pelembap

Pelembap bertindak sebagai air untuk wajahmu. Ia membantu menutrisi dan menghidrasi kulit. Ini menjadi sangat penting ketika kamu semakin menua karena kulit cenderung menjadi lebih kering. Hal ini memicu munculnya keriput. Penelitian menyebut bahwa pelembap dengan kandungan hyaluronic acid dan vitamin C akan sangat efektif untuk mencegah keriput dan mencegah tampilannya semakin mendalam.

4. Minum air putih

Tidak cukup memberikan hidrasi dari luar. Kamu tetap harus memenuhi kebutuhan air putih harian. Tubuh membutuhkan air di hampir setiap fungsi. Termasuk membantu tampilan kulit menjadi sehat dan terhidrasi dari dalam.

5. Makan makanan yang kaya vitamin

Studi pada 2019 di Belanda menyebut bahwa kebiasaan diet dihubungkan dengan keriput pada wajah, terutama bagi perempuan. Sehingga penting untuk memperhatikan apa yang kamu makan. Makanan yang kaya akan anti inflamatori atau antioksidan akan meningkatkan elastisitas kulit dan melindunginya dari bahaya dan penuaan secara prematur.

 

6. Posisi tidur

Studi pada 2016 menunjukkan posisi tidur memiliki dampak pada terbentuknya keriput. Orang yang tidur dengan posisi menyamping akan memberikan penekanan mekanik yang mempercepat pembentukan keriput. Sebaiknya tetap tidur terlentang untuk mencegah keriput dan memperlancar sirkulasi darah.

7. Jangan merokok

Tembakau sangat berbahaya bagi kolagen dan elastin sehingga membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Nikotin pada rokok juga menghambat aliran darah pada klit. Akhirnya, kulitmu tidak mendapat asupan oksigen yang cukup.

8. Olahraga

Gerakan wajah secara berulang, seperti menyipitkan mata, mengerutkan kening, atau mengerutkan bibit dapat mempercepat pembentukan keriput. Kamu perlu memeriksakan mata untuk mendapatkan penanganan dokter. Kamu bisa lakukan olahraga, meditasi atau yoga untuk mencegah gerakan berulang pada wajah.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Resep Rahasia Kecantikan Alami Perempuan Timur Tengah
Artikel Selanjutnya
2 Produk Wajah Jadikan Kulit Bebas Kusam Selama Puasa di Rumah