Sukses

Beauty

Plustree, Inovasi Produk Kecantikan Ramah Lingkungan di L'Oreal Brandstrom

Fimela.com, Jakarta Diperlukan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan bagi sebuah industri. Termasuk L'Oreal yang bergelut di industri kecantikan. Melalui L'Oreal Brandstrom, menjadi wadah inovasi bagi mahasiswa terbaik di Indonesia untuk menciptakan terobosan baru yang ramah lingkungan di industri kecantikan.

Dengan tema “Build a Plastic-less Future in the Beauty Industry”, tim PlusTree asal ITB menjadi pemenang L'Oreal Brandstorm tingkat nasional dan akan bertanding di tingkat internasional untuk merebut hadiah utama, yakni Intrapreneurship Award dari kampus startup terbesar di dunia, Station F di Paris dan mengikuti One Young World Summit di Munich. Pemenang internasional juga akan diberi kesempatan untuk magang di Paris selama tiga bulan untuk mengembangkan ide mereka.

Tema tahun ini menjadi spesial karena untuk pertama kalinya L'Oreal Brandstrom mengangkat komitmen pembangunan berkelanjutan perusahaan. Sharing Beauty with All menjadi misi utama yang diberikan kepada peserta. Mahasiswa ditantang untuk menciptakan ide inovatif bagi industri kecantikan untuk mengurangi atau menghilangkan penggunaan plastik, menciptakan solusi bisnis, serta mengubah perilaku konsumen.

“Kami ingin memaksimalkan potensi talenta-talenta muda Indonesia melalui kompetisi L’Oréal Brandstorm 2020. Lebih dari 1000 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia mendaftar serta mengirimkan ide-ide yang beragam menjadi bukti peran aktif keterlibatan generasi muda Indonesia dalam menciptakan inovasi untuk menjawab salah satu tantangan lingkungan terbesar saat ini. Tidak hanya berbagai inovasi yang sangat unik dan berbeda-beda, mereka juga membawa ide-ide baru untuk mengubah perilaku konsumen," ungkap Restu Widiati Human Resources Director, L’Oréal Indonesia.

Mudah terurai di tanah

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Antonius Reynard Affandi, Farhan Hadi Taskaya dan Karin Adriana, yang menempuh pendidikan S1 di Institut Teknologi Bandung. Dengan inovasi berjudul Plustree, mereka menciptakan inovasi dalam mengurangi penggunaan kemasan plastik satu kali pakai dengan kemasan biomasa yang dapat terurai ke dalam tanah.

Produk ini mengubah materi awal plastik pada kemasan yang terbuat dari minyak bumi menjadi bahan alami yang terbuat dari serat pati seperti jagung dan singkong. Di dalam kemasan ini terdapat biji yanng dapat tumbuh menjadi tanaman.

Setelah digunakan oleh konsumen, kemasan Plustree dapat ditempatkan di dalam pot sebagai benih untuk menumbuhkan tanaman. Harapannya, Plustree bisa mengubah perilaku konsumen untuk lebih sadar akan pentingnya lingkungan dan membuat program komunitas ramah lingkungan dengan bantuan aplikasi interaktif.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Cantik Natural, Inspirasi Gaya Rambut dan Makeup ala Maudy Ayunda yang Mudah Ditiru
Artikel Selanjutnya
4 Rangkaian Pembersih Wajah Menyeluruh untuk Jaga Kebersihan dan Kesehatan Kulit Jelang Lebaran