Sukses

Beauty

3 Penyebab Mengapa Kamu Mudah Mengalami Bau Badan

Fimela.com, Jakarta Bau badan pasti merupakan situasi yang tidak menyenangkan, selain membuat dirimu tidak nyaman, orang lain juga akan terganggu. Bagi sebagian besar orang, permasalahan bau badan merupakan masalah serius yang dapat membuat mereka jadi kurang percaya diri atau kesulitan beraktivitas.

Banyak yang percaya bahwa bau badan disebabkan oleh bakteri yang tinggal di dalam kulit. Padahal, bau badan terjadi karena bakteri-bakteri tersebut memecah keringat menjadi asam. Itu sebabnya kita mengalami bau badan.

Mungkin kamu juga sudah pernah mencoba berbagai cara untuk mengatasi bau badan seperti, memakai deodoran dan parfum, sampai mengganti alat-alat mandi yang kamu piker tidak cocok dan menyebabkan bau badan. Namun, sayangnya itu tetap tidak berhasil juga dan kamu tetap mengalami bau badan.

Jika kamu mengalami hal demikian maka, kamu perlu tahu, apa sebenarnya penyebab yang membuat kamu mudah mengalami bau badan. Fimela.com akan membagikan informasi 3 penyebab mengapa kamu mudah mengalami bau badan. Coba simak ulasan berikut ini agar kamu jadi paham bagaimana cara menghilangkan bau badan dengan benar dan tepat.

Makanan yang Kamu Konsumsi

Penyebab mengapa kamu mudah mengalami bau badan yang pertama adalah tentang makanan apa yang kamu konsumsi. Makanan ternyata merupakan salah satu faktor penyebab kamu mengalami bau badan. Memang tidak semua makanan, hanya beberapa makanan tertentu saja.

Makanan yang pertama ialah sayuran cruciferous, sayuran ini tergolong dalam keluarga Brassicaceae. Brokoli, kembang kol, hingga kale termasuk sayuran cruciferous yang sangat disukai masyarakat Indonesia dan sering menjadi kompoisi masakan. Namun, mengkonsumsinya justru membuatmu mudah bau badan.

Hal ini karena sayuran tersebut mengandung belerang, yang akan terurai menjadi hidrogen sulfida berbau busuk. Tetapi tenang saja, kamu masih bisa mengkonsumsinya asal tidak berlebihan saja.

Selanjutnya, makanan lain yang membuatmu jadi mudah mengalami bau badan adalah rempah-rempah. Rempah-rempah seperti bawang putih, bawang bombay, jinten, hingga kari patut kamu hindari atau tidak kamu konsumsi secara berlebihan. Hal ini karena metabolisme dalam tubuh ikut memecah dan memproduksi senyawa seperti sulfur yang menyebabkan bau badan.

Obesitas

Kedua, penyebab mengapa kamu mudah mengalami bau badan ialah karena kelebihan berat badan atau obesitas. Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas biasanya cenderung memiliki bau badan.

Hal ini karena orang gemuk memiliki banyak pori-pori yang tersembunyi dalam lipatan tubuhnya. Area lipatan tersebut biasanya hangat, beruap, dan gelap, sehingga bakteri penyebab bau badan bisa berkembang dengan pesat di sana dan kamu pun mudah mengalami bau badan.

Maka dari itu, agar kamu tidak mengalami bau badan karena masalah berat badan yang tidak terkontrol, kamu harus bisa mengontrol makanan yang kamu makan atau asupan dengan belajar membiasakan pola hidup sehat. Pastinya obesitas tidak hanya menyebabkan bau badan saja namun, masalah kesehatan serius lainnya.

Gangguan Pada Metabolisme Akibat Kekurangan Vitamin dan Mineral

Terakhir, penyebab kamu mudah mengalami bau badan adalah karena adanya gangguan pada metabolisme tubuh yang disebabkan kekurangan vitamin dan mineral. Gangguan pada metabolisme ini terbagi menjadi dua, yang pertama ialah malabsorpsi dan trimethylaminuria.

Malabsorpsi adalah kondisi dimana tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan, hal ini dapat memicu bau badan tak sedap. Sebab, vitamin dan mineral dari makanan sehat, tak terserap oleh tubuh. Pesan untukmu, sebaiknya banyak mengkonsumsi vitamin C sehingga menjaga aroma keringat agar tidak berbau busuk.

Selanjutnya ada kondisi yang disebut trimethylaminuria, kondisi ini adalah gangguan metabolisme di mana tubuh kehilangan kemampuan untuk memecah hormon trimetilamina yang ditemukan dalam makanan tertentu. Hormon yang tidak terpecah ini kemudian akan dikeluarkan melalui keringat, urin, dan napas, sehingga pengidapnya akan memiliki bau amis yang kuat.

Untuk kondisi trimethylaminuria, kamu perlu menghindari makanan yang mengandung trimetilamina, mengonsumsi antibiotik dan menggunakan sabun asam untuk menghilangkan bau tidak sedap karena kamu tidak bisa menghilangkannya hanya dengan deodoran atau mandi biasa.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips WFH dan Virtual Meeting dengan Tampilan Makeup Prima Selama Pandemi Virus Corona
Artikel Selanjutnya
Rangkaian Perawatan Rambut Rontok Selama Bulan Ramadan