Sukses

Beauty

Cara Menggunakan Glycolic Acid, Kandungan Skincare yang Mampu Membuat Kulit Bercahaya

Fimela.com, Jakarta Ada begitu banyak bahan dasar yang terkandung di dalam produk perawatan kulit wajah yang mampu membuat kulitmu cerah, glowing, dan sehat. Mulai dari hyaluronic acid hingga salicylic acid. Namun, pernahkah kamu mendengar tentang glycolic acid? 

Dilansir dari Hello Giggles, glycolic acid merupakan alpha hydroxy acid (AHA) yang paling populer digunakan di dalam skincare. Kandungan ini langsung diambil dari tebu, yang bekerja pada kulitmu seperti eksfoliator yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Sesuai dengan cara kerjanya, bahan ini mampu mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru, sehingga kulit wajahmu akan terasa lebih halus dan bercahaya. 

Menurut Claire Chang, M.D., ahli dermatologi di Union Square Laser Dermatology, New York, AS, glycolic acid ini sangat unik. Pasalnya, dari semua jenis kandungan AHA, bahan ini memiliki molekul yang paling kecil. Sehingga, dapat meresap ke dalam kulit dengan sangat cepat, mudah, dan baik. 

Karena molekulnya yang kecil, glycolic acid juga tidak akan menimbulkan rona merah pada kulit sebagai efek samping dari proses eksfoliasi. Karena itu, bahan ini juga sangat cocok buat kamu yang baru pertama kali mencoba produk skincare yang mengandung AHA. 

Cara Menggunakan Skincare yang Mengandung Glycolic Acid

Meski aman, Sahabat Fimela tidak bisa menggunakan skincare yang mengandung glycolic acid secara sembarangan. Hello Giggles menulis, bahan ini bisa terkandung di berbagai jenis produk perawatan kulit wajah, seperti cleanser, toner, cream, masker, hingga chemical peels. 

Setiap produk mengandung glycolic acid dengan persentase berbeda-beda. Semakin besar, menurut Chang, akan semakin besar kemungkinan efek samping bakal timbul pada kulitmu. 

Jadi, disarankan, khususnya kamu yang baru ingin mencoba, untuk memilih produk dengan kandengan persentase glycolic acid terendah, sekitar 5-10%. Kamu bisa melihat bagaimana kulitmu bereaksi terhadap bahan ini. Jika cocok, kamu bisa meneruskan penggunaan produk tersebut atau mencoba produk perawatan wajah yang mengandung glycolic acid yang lebih tinggi persentasenya. Selamat mencoba!

 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut Ini

;
Loading