Sukses

Beauty

10 Cara Mencegah Penuaan Dini di Usia 20an, Beauty Regime Ini Wajib Diterapkan!

Fimela.com, Jakarta Ngaku aja deh, penuaan dini jadi salah satu masalah yang sering jadi ‘mimpi buruk’ buat para perempuan. Waktu lagi asyik bercermin sambil mempercantik diri, melihat kerutan yang mulai muncul di sekitar area mata jelas bikin panik. Kalau sudah begini, nggak heran kalau banyak dari kamu yang mulai mencari cara mencegah penuaan dini supaya kulit tetap terlihat cantik dan awet muda.

Masalah penuaan dini memang nggak boleh dianggap sepele. Apalagi, masalah kulit yang satu ini bisa mengancam kapan saja, bahkan di usia 20an sekalipun. Stay young and beautiful bukan hanya jadi wacana kok, karena kamu bisa melakukan 10 cara mencegah penuaan dini yang bisa mengancam usia 20an. Terapkan beberapa beauty regime ini yuk!

1. Cara Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah, Jangan Tarik-Tarik Kulit!

Kulit merupakan bagian tubuh yang paling sensitif, jadi kebiasaan kamu memperlakukan area yang satu ini bisa mempengaruhi kondisinya. Misalnya saja kebiasaan menarik atau menggosok kulit terlalu kencang yang bisa mengancam kulit kehilangan elastisitasnya. Salah satu cara mencegah penuaan dini pada kulit wajah adalah memperlakukan kulit dengan lembut, baik itu saat membersihkan kulit, menggunakan skincare, atau mengaplikasikan skincare.

Nah, pastikan kamu lebih lembut lagi saat memperlakukan kulit khususnya di area mata. Ini merupakan area kulit yang paling sensitif dan mudah muncul kerutan halus. Selain hindari menarik area kulit mata, saat mengaplikasikan skincare atau makeup usahakan juga dengan sangat lembut. Gunakan jari manis atau kelingking, karena kedua jenis jari ini memiliki tekanan yang paling lemah. Dengan begitu, kamu sudah menerapkan cara mencegah penuaan dini dengan maksimal.

2. Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Bahan Alami

Cara mencegah penuaan dini juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami yang diolah menjadi DIY face mask di rumah. Beberapa bahan alami yang dikenal ampuh dapat mencegah penuaan dini antara lain madu yang punya kandungan untuk melembapkan kulit, mencegah kulit tampak kering dan bikin lebih lembut, sehat, serta awet muda. Selain itu, yoghurt juga dikenal memiliki kandungan lactic acid yang dapat meratakan warna kulit yang belang dan meminimalisir munculnya kerutan halus di permukaan kulit.

Cara mencegah penuaan dini dengan bahan alami lainnya juga bisa dilakukan dengan aplikasi masker buah-buahan. Misalnya saja stroberi yang kaya vitamin C yang berperan sebagai anti-aging alami untuk melawan radikal bebas dan memperbaiki sel kulit yang rusak serta membuatnya tampak lebih kenyal dan sehat. Buah-buahan lain yang mengandung vitamin C juga bisa jadi pilihan, misalnya pomegranate atau cranberries.

3. Cara Mencegah Penuaan Dini pada Remaja

Tahu nggak sih kalau cara mencegah penuaan dini ternyata bisa dilakukan sejak remaja? Yup, beauty habits yang dilakukan di masa ini dapat mempengaruhi kondisi kulitmu 10 tahun kemudian. Beda usia, beda juga cara mencegah penuaan dini pada remaja. Awali dengan kebiasaan kecil misalnya hindari memencet jerawat yang muncul karena hal tersebut bisa merusak sel kulit dan membuat kulit kehilangan elastisitasnya.

Selain itu, cara mencegah penuaan dini pada remaja lainnya yang bisa dilakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari perbanyak makan sayur dan buah untuk menutrisi kulit, istirahat yang cukup, dan hindari stres.

4. Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Rutin Membersihkan Kulit

Ritual cara mencegah penuaan dini paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin membersihkan kulit selesai beraktivitas. Kebiasaan ini penting banget karena polusi yang menempel di wajah bisa menyebabkan kerusakan sel kulit, yang salah satu tandanya adalah muncul premature aging.

Selain itu, membersihkan wajah juga penting untuk mengangkat seluruh kotoran dan sisa makeup agar tidak menyumbat pori-pori. Proses ini membantu regenerasi sel kulit yang terjadi di malam hari bisa berjalan lebih optimal. Sel kulit yang baru diproduksi akan menampilkan kulit yang sehat, cerah berseri, dan tampak awet muda sehingga cara mencegah penuaan dini yang dilakukan bisa memberikan hasil yang diharapkan.

5. Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit dengan Skincare yang Tepat

Produk perawatan kulit alias skincare yang digunakan sehari-hari juga berperan sebagai cara mencegah penuaan dini pada kulit, lho. Makanya, penting banget memilih skincare dengan formula yang tepat agar bisa merawat kulit agar tetap sehat, cantik, dan youthful.

Pilih skincare yang punya kandungan bahan aktif kolagen yang berfungsi mengembalikan elastisitas kulit dan membuatnya terlihat lebih lembut dan awet muda. Selain itu, produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan juga bisa menjadi pilihan sebagai cara mencegah penuaan dini pada kulit, karena dapat memperbaiki kerusakan kulit sekaligus mencegah kerusakan kulit yang akan datang. Supaya cara mencegah penuaan dini pada kulit dengan skincare yang tepat bisa memberikan hasil yang maksimal, hindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol atau bahan lainnya yang bisa membuat kulit kering.

6. Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wajah dengan Aplikasi Eye Cream

Area mata seringnya jadi bagian wajah yang terlupakan saat melakukan perawatan. Padahal, kulit di sekitar mata adalah yang paling sering mengalami kerusakan. Mulai dari munculnya kantung mata, tampak hitam, atau malah tampak kerutan halus. Jadi, penting mengaplikasikan eye cream atau krim mata yang bisa memberikan perawatan yang dibutuhkan untuk mencegah penuaan dini pada wajah.

7. Cara Mencegah Penuaan Dini di Wajah dengan Lindungi Kulit dari Radiasi UV

Tahu nggak kalau sinar UV adalah musuh paling besar yang wajib dihindari untuk menjaga kesehatan kulit? Yup, benar banget. Radiasi sinar UV nggak hanya bisa bikin kulit jadi lebih kusam dan belang saja. Dampak jangka panjang lainnya ternyata radiasi UV bisa merusak sel kulit, lho! Inilah yang bikin pentingnya cara mencegah penuaan dini di wajah dengan rutin mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas di luar rumah.

Sinar UV dapat merusak kolagen dan elastisitas yang dimiliki kulit. Efeknya adalah kulit jadi gampang terlihat berkantung, elastisitasnya berkurang, hingga muncul kerutan halus. Radikal bebas pada sinar UV bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. So, pastikan kamu menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah dan lakukan reapplying sendiri setiap dua jam sekali, terlebih jika kamu banyak melakukan mobilitas selama menjalani kegiatan sehari-hari.

8. Cara Mencegah Penuaan Wajah Secara Alami dengan Olahraga

Dikutip dari situs Live Science, penelitian menemukan salah satu yang berperan penting dalam menjaga sel kulit tetap dalam kondisi prima adalah telomerase, yaitu DNA yang berada dalam kromosom dan mencegah sel kulit mati. Kadar telomerase yang rendah bisa menyebabkan kulit rusak, berkerut, dan kehilangan elastisitasnya. Kabar baiknya, kini kamu bisa menemukan cara mencegah penuaan wajah secara alami dengan olahraga yang merangsang pertumbuhan telomerase.

Salah satu hal signifikan yang ditemukan selama penelitian adalah aktivitas olahraga fisik memicu tubuh lebih aktif dalam memproduksi enzim telomerase tersebut. Ini dia yang menjadi bukti nyata bahwa olahraga dapat berperan sebagai cara mencegah penuaan wajah secara alami yang perlu kamu terapkan sehari-hari.

9. Cara Mengatasi Penuaan Dini dengan Diet Sehat dan Seimbang

You are what you eat. Merasa nggak asing dengan ungkapan tersebut? Benar banget kalau makanan yang dikonsumsi sehari-hari mencerminkan kondisi tubuhmu, nggak terkecuali kulit. Jadi, kalau ingin menerapkan cara mengatasi penuaan dini yang tepat, awali dengan diet sehat dan seimbang yang menutrisi kulit agar tetap sehat, cantik, dan pastinya awet muda.

Cara mengatasi penuaan dini dengan diet sehat dan seimbang bisa kamu awali dengan pilihan superfood yang dapat menjaga kesehatan kulit. Misalnya saja buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk atau blueberry. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan untuk memperbaiki kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Selain itu, konsumsi ubi juga bawa manfaat untuk mencegah penuaan dini karena mengandung vitamin A untuk menyingkirkan kerutan halus dengan cara meningkatkan produksi kolagen.

10. Cegah Penuaan Dini dengan Minyak Zaitun

Salah satu cara mencegah penuaan dini yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah treatment menggunakan minyak zaitun. Bahan tersebut dikenal memiliki kandungan yang dapat menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering yang rawan keriput.

Minyak zaitun punya beragam bahan aktif seperti asam lemak dan antioksidan yang dapat membantu memperbaiki sel yang rusak dan menjaganya tetap sehat. Cara mencegah penuaan dini dengan minyak zaitun biasanya dengan melakukan pijatan di area wajah dengan lembut dan lakukan secara rutin sebelum tidur agar kulit menyerap nutrisi minyak zaitun di malam hari.

Itu tadi 10 cara mencegah penuaan dini yang sering mengancam usia 20an. Terapkan secara rutin dan pancarkan kulit sehatmu ya!

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Tampilan Terbaru Blackpink, Tak Ada Lagi Rambut Panjang Berponi Lisa
Artikel Selanjutnya
Kolaborasi Makeup Kylie dan Kendall Jenner Hadir dengan Nuansa Klasik