Sukses

Beauty

Manfaat Air Cucian Beras untuk Kesehatan dan Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Saat mencuci beras, biasanya air cucian beras akan dibuang, padahal air cucian beras memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Air cucian beras bisa digunakan untuk perawatan kulit, wajah dan rambut, agar lebih sehat dan terlihat cantik.

Air cucian beras memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan seperti asam amino, vitamin B dan vitamin E, serta mineral dan zat antioksidan. Namun yang boleh digunakan adalah air cucian beras, setelah mencuci beras terakhir kali. Bukan air cucian beras yang pertama kali.

Berikut manfaat menggunakan air cucian beras, untuk kulit wajah dan rambut, dilansir dari berbagai sumber:

Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat air cucian beras yang pertama, yaitu bisa membantu membuat kulit lebih cerah, karena air cucian beras memiliki kandungan vitamin B dan vitamin E. Rutin menggunakan air cucian beras, bisa membuat warna kulit wajah lebih rata, dan membantu memudarkan noda hitam.

Beberapa produk kecantikan juga menggunakan air beras, sebagai bahan utama sebuah produk seperti toner, sabun hingga sleeping mask.

Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Sering berjemur dibawah sinar matahari, tentu saja akan memnbuat kulit wajah kemerahan, sensitif dan iritasi. Untuk mengatasi hal tersebut, Sahabat Fimela bisa menggunakan air cucian beras, untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Kandungan yang terdapat di dalam air cucian beras, bisa membantu menetralisir kulit, yang iritasi karena paparan sinar matahari.

Mencegah Penuaan Dini

Cucian air beras juga memiliki manfaat, untuk membantu mengatasi penuaan dini, yang sering terjadi pada kulit. Penuaan dini sering ditandain dengan adanya kerutan di wajah, munculnya noda-noda hitam di wajah, dan elastisitas kulit berkurang.

Cucian air beras memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu mencegah radikal bebas, yang bisa merusak kulit dan menimbulkan penuaan dini.

Melembapkan Kulit

Cucian air beras memiliki kandungan yang baik untuk kulit, sehingga bisa membantu melembapkan kulit wajah, yang kering akibat penggunaan kosmetik setiap hari.

Kandungan cucian air beras, bisa membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, yang bisa membuat kulit menjadi lebih halus. Rutin menggunakan cucian air beras, juga bisa membantu menghidrasi kulit, agar kulit tidak kering atau kusam.

Merawat Rambut

Selain baik untuk menjaga kulit, air cucian beras juga baik digunakan untuk rambut, agar rambut lebih sehat dan kuat. Air cucian beras mengandung inositol, yang dapat memperbaiki kerusakaan rambut, seperti rambut kusam atau bercabang.

Sahabat Fimela, ternyata banyak ya manfaat air cucian beras? Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit ternyata tidak perlu biaya mahal. Memanfaatkan bahan di sekitar kita pun bisa. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Lengkapi Kebutuhan Keluarga, ZALORA Hadirkan Produk Perawatan dan Kesehatan di Era New Normal
Artikel Selanjutnya
Tutorial Makeup Healthy Glow Ketika Gunakan Masker di New Normal