Sukses

Beauty

Cara Memilih Sabun Mandi untuk Kulit Sensitif

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu pemilik kulit sensitif mungkin harus lebih jeli terhadap pemilihan dan penggunaan produk perawatan kulit. Bukan hanya perawatan kulit wajah, melainkan juga perawatan kulit tubuh, seperti sabun mandi.

Sabun mandi sendiri terdiri berbagai macam formula. Mulai sabun batangan, sabun cair, gel, hingga foam. Tidak masalah formula sabun mandi seperti apa yang ingin digunakan. Yang perlu kamu perhatian justru lebih kepada kandungan pada sabun mandi tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa kandungan yang perlu kamu hindari ketika memilih sabun mandi bagi kulit sensitif.

1. Fragrance

Seperti pada skincare wajah, sabun mandi yang mengandung fragrance akan berbahaya bagi kulit sensitif. Ketika digunakan, akan menimbulkan reaksi negatif karena kulit tidak mampu berinteraksi dengan kandungan fragrance.

2. Minyak dan alkohol

Kedua kandungan ini dapat membuat kulit sensitif menjadi iritasi. Selain itu, hindari kandungan seperti cocoa butter atau shea butter. Keduanya justru cenderung meninggalkan residu pada kulit sehingga menyebabkan penyumbatan.

 

3. Parabens

Parabens juga merupakan kandungan kimia yang berbahaya bagi kulit karena bisa mengganggu keseimbangan hormon pada tubuh. Ketika menggunakan sabun mandi dengan kandungan parabens, ia akan menggosok kulit dengan kimia berbahya yang menyebabkan banyak masalah kesehatan.

4. SLS dan SLES

Sodium Lauryl Sulfate dan Sodium Laureth Sulfate adalah dua kandungan yang ada pada produk sabun pada umumnya untuk menciptakan busa. Namun di sisi lain, ia dapat menyebabkan iritasi. Sehingga ketika diaplikasikan pada kulit sensitif, akan membuatnya kemerahan dan memicu alergi kulit.

 

Mencoba produk organik

Dilansir dari Healthy Beauty Me, kamu harus menghindari sabun mandi yang fokus untuk menutrisi dan melembapkan kulit. Cobalah untuk mencari sabun mandi dengan kandungan bahan-baha organik.

Penggunaan bahan organik cenderung tidak memiliki bahan pengawet yang biasa digunakan pada sabun mandi pada umumnya. Meski menggunakan bahan organik, sabun mandi ini juga dapat memberikan efek bersih dan membuat kulit lebih halus.

 

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Berkenalan dengan E-Commerce Khusus Perawatan Kecantikan Para Ibu
Artikel Selanjutnya
Jenis Produk Kecantikan yang Tidak Boleh Digunakan Terlalu Sering