Sukses

Beauty

3 Cara Mudah dan Sederhana untuk Memperbaiki Kuku yang Patah

Fimela.com, Jakarta Kuku yang indah adalah kuku yang sehat dan kuat. Terkadang, kamu mungkin lupa untuk merawat dan mempertahankan kekuatan kukumu sehingga patah secara tiba-tiba. Dilansir dari Allure, ada beragam penyebab kuku yang kuat seperti tulang bisa patah hanya karena terbentur atau bahkan tertekuk. 

Menurut ahli dermatologi Shari Marchbein, kuku terbuat dari zat keratin, zat protein yang sama yang membangun jaringan-jaringan pada kulit dan rambut. Sama seperti rambut dan kulit, kuku pun bisa menjadi kering dan pecah-pecah. 

Lebih dari kulit, ternyata air dapat meresap ke dalam kuku. Ketika air terus menerus meresap ke dalamnya, sel-sel kuku yang disebut onychocytes bisa menjadi rapuh, lembek, dan mudah patah. 

"Ketika air secara terus-menerus terserap ke dalam kuku, sel-sel kuku dapat melemah, menjadi lebih lembek, dan akhirnya mudah patah," kata Shari kepada Allure. 

Karena itu penting sekali untuk merawat kuku agar tidak kering atau rapuh. Namun, bagaimana jika kukumu sudah terlanjur patah? Ada 3 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya. 

1. Kuku Asli

Kamu sebenarnya bisa menggunakan lem khusus untuk kuku. Namun, cara ini tidak akan bertahan lama. Selain menggunakan lem kuku, kamu juga bisa memperbaiki kuku yang patah, namun belum putus sepenuhnya, menggunakan kantung teh atau coffee filter. 

Gunting kantung teh yang sudah kosong untuk dapat menutupi kuku yang patah. Tempelkan dengan cara menyapukan cat kuku di atasnya. Cat ini akan berfungsi sebagai lem. Cara ini dikenal sangat mudah untuk dilakukan. 

2. Kuku Akrilik

Bagaimana dengan kuku palsu yang patah? Cara yang paling cepat adalah dengan mengunjungi salon dan minta nail artist untuk memperbaikinya. Namun, hal ini membutuhkan biaya yang tidak murah. Untuk itu, kamu bisa memperbaikinya di rumah saja dengan menambahkan adonan akrilik sendiri di rumah. 

3. Merawat Kuku

Daripada memperbaiki yang rusak dan patah, sebaiknya kamu mencegahnya dengan berbagai perawatan kuku. Selain mengikir kuku secara berkala dan membersihkannya, kamu juga harus menggunakan minyak untuk melembapkan kuku dan kutikulamu. Kamu bisa menggunakan minyak apa saja, seperti minyak kelapa, almond, atau juga zaitun. 

#ChangeMaker

Simak Video Berkuhttps://www.fimela.com/beauty-health/read/4286993/cara-merawat-kuku-akrilik-aga-bertahan-lebih-lama

;
Loading