Sukses

Beauty

Kenali 4 Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah, Jerawat Salah Satunya

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah membutuhkan perawatan khusus, untuk mengatasi masalah kulit. Sahabat Fimela bisa menggunakan skincare yang mengandung bahan aktif. Ada bermacam-macam yang dibisa digunakan, salah satunya adalah retinol.

Retinol merupakan bahan aktif di dalam skincare, yang berasal dari turunan vitamin A. Retinol sangat terkenal di dalam dunia kecantikan. Karena skincare yang mengandung retinol bisa membantu merawat kulit dan meregenerasi kulit.

Penggunaan retinol ini harus sesuai dengan anjuran dokter. Karena terlalu banyak menggunakan skincare yang mengandung retinol dapat mengiritasi kulit. Berikut manfaat kandungan bahan aktif retinol, yang bisa membantu mengatasi masalah kulit:

Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

1. Menyembuhkan Jerawat

Manfaat retinol untuk kulit yang pertama, bisa membantu mengatasi jerawat, sehingga banyak produk penyembuh jerawat menggunakan bahan retinol. Retinol bisa membantu membersihkan pori-pori sampai bersih, sehingga bakteri atau kotoran di pori-pori, tidak menimbulkan jerawat. Selain itu, retinol juga bisa membantu mengatasi peradangan di kulit, yang disebabkan karena jerawat.

2. Mengatasi Penuaan Dini

Retinol bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti penuaan dini, yang sering terjadi pada perempuan usia 25 tahun keatas. Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya kerutan, noda hitam di wajah, kulit mengendur dan kantong mata yang menggelap. Produk perawatan kulit yang memiliki kandungan retinol, bisa membantu untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, dan bisa membantu meratakan tekstur kulit.

3. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kulit yang kusam biasanya disebabkan karena kurangnya kolagen di dalam kulit. Sehingga warna kulit akan lebih menggelap, dan banyak kerutan yang terlihat di area kulit wajah. Untuk itu gunakan produk perawatan kulit secara rutin, yang mengandung retinol untuk menutrisi kulit, dan menambah kolagen di dalam kulit.

4. Mencegah Hiperpigmentasi Kulit

Saat sering berjemur di bawah sinar matahari, atau sering beraktivitas pada siang hari, bisa membuat kulit menjadi lebih gelap. Menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol, bisa membantu mencegah terjadinya pigmentasi kulit, yang disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Jangan lupa gunakan retinol pada saat malam hari, dan gunakan tabir surya pada saat siang hari, agar kulit tidak terbakar sinar matahari.

Cara Menggunakan Produk Retinol

Dengan banyaknya manfaat dari kandungan retinol, tentu saja ada cara penggunaan yang harus Sahabat Fimela ketahui. Penggunaan retinol harus sesuai dengan anjuran yang tepat, agar berfungsi dengan baik. Karena kandungan retinol merupakan bahan aktif yang lumayan keras.

Gunakan produk yang mengandung retinol dengan tipis-tipis, untuk membantu kulit beradaptasi saat pertama kali menggunakan retinol. Lalu gunakan produk yang memiliki kandungan retinol pada malam hari. Untuk menjaga kulit tetap lembab, gunakan toner yang bisa membantu menghidrasi kulit.

Usahakan jangan menggunakan toner yang mengeksfoliasi kulit, bersamaan dengan penggunaan retinol. Kombinasi toner eksfoliator dengan retinol bisa membuat kulit semakin kering. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya pada saat siang hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading