Sukses

Beauty

Tips Mengaplikasikan Complexion agar Awet

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pasti pernah merasa saat menggunakan makeup, makeup menempel terlalu kering, atau berminyak, hingga cracking dibagian kulit. Kunci keberhasilan dari sebuah makeup adalah complexion seperti foundation dan bedak. Jika complexion bagus, maka makeup akan terlihat bagus dan awet hingga beberapa jam.

Complexion bisa mempengaruhi warna, tekstur, dan tampilan kulit wajah seseorang. Penggunaan base makeup, foundation, concealer hingga bedak bisa membuat complexion lebih bagus. Jenis kulit pada wajah tiap orang berbeda-beda, seperti kulit kering, normal dan berminyak hingga kombinasi.

Agar complexion awet dan tidak mudah rusak, berikut tips mengaplikasikan complexion, dirangkum dari berbagai sumber:

Kenali Jenis Kulit

Tips mengaplikasikan complexion agar awet yang pertama, kamu harus bisa mengenali jenis kulit, karena tiap jenis kulit orang-orang tu berbeda. Ada yang memiliki kulit kering, normal, berminyak hingga kombinasi.

Mengetahui jenis kulit, bisa membantu untuk memilih complexion yang tepat, agar complexion awet digunakan di kulit wajah. Jika menggunakan complexion tidak sesuai dengan jenis kulit, bisa membuat complexion pecah-pecah, atau membuat kulit lebih berminyak atau kering.

Kenali Warna Kulit

Tips mengaplikasikan complexion agar awet, yaitu harus mengenali warna kulit, karena warna kulit tiap orang berbeda-beda. Jika salah menggunakan warna complexion, bisa membuat tampilanmu lebih kusam, dan berwarna abu-abu.

Penggolongan warna kulit terdiri dari 3 macam, yaitu warm, natural, dan cool.  Cara mengetahui warna dasar kulit sangatlah mudah. Angkatlah pergelangan tangan di bawah sinar matahari, dan lihatlah pembuluh darahmu. Jika pembuluh darah berwarna kebiruan atau ungu, berarti memiliki warna dasar kulit, yang berwarna cool atau pink.

Memilih Base Makeup yang Pas

Tips mengaplikasikan complexion yang selanjutnya, yaitu menentukan base makeup yang pas, agar complexion awet dan lebih menempel di kulit. Penggunaan base makeup seperti primer atau tabir surya, dianjurkan yang telah memiliki atau mengandung SPF, untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

Jika memiliki kulit kering, gunakan base makeup yang mengandung ekstra pelembap, agar kulit wajah tidak dehidrasi saat pengaplikasian produk makeup lainnya. Produk yang mengandung oil control, sangat disarankan untuk yang memiliki kulit berminyak dan kombinasi. Hal ini dapat menahan dan mengurahi produksi minyak pada wajah.

Sedangkan untuk yang memiliki kulit normal, cukup menggunakan pelembap atau base makeup, yang bisa memberi kesan glowing dan kulit sehat.

Memilih Foundation yang Tepat

Agar complexion lebih awet, kunci selanjutnya adalah pada penggunaan foundation. Karena jika salah memilih foundation bisa membuat makeup rusak. Setelah mengetahui warna kulit dan jenis kulit, pilihlah foundation sesuai dengan warna kulitmu, dan sesuai dengan jenis kulit.

Pilihlah warna foundation 1 tingkat lebih cerah daripada warna kulit. Karena beberapa produk foundation akan mengalami oksidasi, yaitu warna akan 1 tingkat lebih gelap dari warna aslinya.

Cara Mengapliaksi Foundation

Ada beberapa teknik untuk mengaplikasikan foundation, agar wajah terlihat lebih mulus, cerah dan segar. Jika menggunakan foundation cair, gunakan spons untuk mengaplikasikan foundation, agar foundation lebih flawless.

Foundation bubuk atau powder sangat sempurna bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Foundation ini lebih ringan dan teksturnya tidak berminyak, sehingga tidak akan menyebabkan jerawat dan bisa diaplikasikan dengan kuas.  Jika menggunakan foundation padat, bisa menggunakan spons, kuas kabuki atau kuas bulat untuk menerapkan foundation ini dengan mudah dan sempurna.

Semoga tips ini bermanfaat.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Perbedaan Perawatan Kulit Pria dan Wanita yang Harus Diketahui
Artikel Selanjutnya
Wujudkan Kecantikan Alami dengan Maksimalkan Nutrisi Vitamin pada Kulit