Sukses

Beauty

3 Produk Skincare Wajib Punya untuk Cegah Jerawat Akibat Pakai Masker

Fimela.com, Jakarta Penggunaan masker menjadi hal yang wajib dilakukan ketika kamu berada di luar rumah. Sehingga menurunkan risiko terpapar virus corona. Di sisi lain, menggunakan masker dalam waktu yang lama dapat menyebabkan jerawat.

Untuk itu, penting bagi kamu untuk tetap selalu menjaga kebersihan kulit dan memastikan kulit ternutrisi dengan baik. Dilansir dari Independent, kamu wajib memiliki tiga produk skincare berikut ini untuk membantu mencegah timbulnya jerawat.

1. Pembersih

Dermatologis menekankan pentingnya membersihkan wajah dengan benar terutama di area lekukan hidung. Hal ini dapat meminimalkan kulit dan pori-pori yang tersumbat penyebab jerawat. Jenis pembersih wajah yang dipilih juga harus tepat dengan jenis kulit untuk menghilangkan minyak berlebih dan mengangkat sel kulit.

Bagi pemiliki kulit kombinasi dan berminyak, disarankan untuk menggunakan pembersih dengan formula gel yang ringan. Ia memiliki agen pengelupasan kulit hingga ke tingkat pori-pori. Untuk mengaplikasikannya, pijat ke area wajah dan leher yang sudah dibasahi kemudian bilas dengan air hangat.

 

Produk yang wajib dimiliki

Sementara bagi kamu yang masih menggunakan makeup saat menenakan masker, dermatologis merekomendasikan double cleansing di malam hari untuk memastikan pori-pori tidak tersumbat. Kamu bisa gunakan cleansing balm atau pembersih berbasis minyak untuk menghilangkan makeup dan sunscreen. Diikuti dengan gel yang lebih ringan atau pembersih susu untuk membersihkan kulit secara menyeluruh.

2. Perawatan bintik jerawat

Sementara bagi kamu yang sudah terlanjur memiliki jerawat, jangan khawatir. Kamu bisa menyembuhkannya dengan spot treatment. Ia memang ditargetkan untuk mempercepat proses penyembuhan sekaligus mengurangi iritasi dan kemerahan.

Cari spot treatment dengan kandungan asam salisilat, glikolat, dan asam laktat. Mereka akan mengelupas, melarutkan kotoran dan debu serta memecah pori-pori yang menyumbat pori-pori penyebab jerawat. Kamupun tidak perlu mengaplikasikannya ke seluruh wajah. Cukup di area berjerawatnya saja.

3. Pelembap

Ini menjadi produk yang wajib kamu miliki sebagai tahapan akhir perawatan kulit. Pelembap ringan dengan bahan-bahan, seperti gliserin dan ceramide akan membantu mencegah iritasi dari masker. Pelembap berbasis gel bisa menjadi pilihan yang baik untuk kulit. Di siang hari, kamu bisa menggunakan pelembap dengan kandungan SPF sekaligus di dalamnya. Sehingga kulitmu tidak hanya sekada dilembapkan melainkan juga terlindungi.

Bagi kamu pemilik kulit berminyak disarankan untuk menggunakan pelembap yang ringan dengan kandungan asam hyaluronic untuk mencegah kekurangan hidrasi tanpa membuat kulit semakin terasa berminyak. Selain itu, pelembap dengan formula bebas minyak akan paling baik bagi kamu yang sudah berjerawat. Ia akan meminimalisir produk minyak dan tidak menambah kilau pada wajah.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Langkah Mudah Perawatan Wajah Bercahaya Tanpa Kusam
Artikel Selanjutnya
Dolphin Skin, Tren Makeup Terbaru yang Bikin Wajah Berkilau