Sukses

Beauty

Tips Mencegah Kulit Belang di Wajah Akibat Penggunaan Masker

Fimela.com, Jakarta Penggunaan masker selama seharian penuh mungkin akan menjauhkan kamu dari risiko terpapar virus. Namun masalah lain akan muncul dari penggunaan masker, terutama jika seharian berada di luar ruangan. Ya! Garis belang.

Hampir saat kamu menggunakan bikini, menggunakan masker juga bisa menimbulkan kulit belang di sekitar wajah. Terutama di sepanjang garis hidung, pipi, dan earloop. Dilema yang sulit bukan?

Berkonsultasi dengan sejumlah dokter kulit yang dilansir dari Real Simple, menyebut ada cara yang bisa menangani kulit belang tanpa membahayakan keselamatan kamu.

Seperti pada banyak masalah kulit, kulit belang akibat masker wajah dapat dicegah dengan mengaplikasikan sunscreen dengan SPF yang tepat. Pastikan untuk memperbanyak aplikasi sunscreen di wajah sebelum menggunakan masker.

 

 

Jenis sunscreen yang tepat

Menurut Ranella Hirsch yang merupakan dokter kulit menyebut kamu bisa menggunakan sunscreen dengan SPF tinggi namun memiliki tekstur yang ringan. Kamu bisa memilih sunscreen dengan formula krim cair atau gel yang tidak membuat kulit terasa berat.

Bahkan kamu pun bisa beralih ke pelembap dengan kandungan SPF untuk memberikan fungsi proteksi dan melembapkan. Namun, mencari formula sunscree yang tepat menjadi penting agar ia tetap bisa melindungi kulit tanpa tergeser atau terhapus oleh masker.

"Meskipun sunscreen berbasis mineral yang lebih ramah lingkungan, ia cenderung hanya berada di atas kulit dan dapat dengan mudah terhapus oleh masker yang bergesekan dengan kulit wajah. Gunakan sunscreen berbasis bahan kimia yang lebih meresap kulit lebih dalam dan memberikan perlindungan lebih lama," ungkap Christian Worstell yang merupakan peneliti senio untuk kulit.

 

Cara mengaplikasikan ulang sunscreen

Setelah menemukan formula sunscreen yang tepat, penting juga untuk mengaplikasiannya secara berulang. Pasalnya, SPF hanya efektif selama dua jam setelah diaplikasikan ke wajah.

Carilah tempat yang teduh untuk mengaplikasikan ulang sunscreen. Lepas masker dengan memegang earloop dan aplikasikan sunscreen ke wajah. Jangan lupa untuk cuci tangan atau aplikasikan hand sanitizer sebelum menyentuh wajah. Tunggu sekitar 15 menit untuk memastikan sunscreen menyerap sempruna.

Pasang kembali masker baru dan kamu siap untuk kembali menjalani aktivitas. Menggunakan topi yang memiliki tepi lebar juga membantu mencegah garis belang di sekitar wajah akibat masker.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading