Sukses

Beauty

Manfaat Kandungan Alkohol pada Produk Perawatan Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, sering kali dihindari oleh para perempuan. Alasanya banyak perempua percaya jika alkohol tidak baik untuk kulit. Alkohol pada produk kecantikan dipercaya membahayakan dan membuat kulit kering.

Tapi, tahukah kamu? Jika sebenarnya produk perawatan kulit wajah yang memiliki kandungan baik untuk kulit. Alkohol pada produk perawatan kecantikan membantu menyembuhkan masalah kulit dan mempercantik kulit.

Sahabat Fimela, berikut manfaat kandungan alkohol yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah, dirangkum dari berbagai sumber:

Tidak Semua Alkohol Mengiritasi Kulit

Menurut penelitian, kandungan alkohol yang terdapat di dalam produk perawatan kulit berbeda dengan kandungan alkohol yang diminum atau alkohol untuk membersihkan luka. Alkohol yang terdapat di dalam produk perawatan kulit wajah merupakan senyawa kimia organik yang memiliki hidroksil dan terikat pada atom karbon.

Produk yang mengandung alkohol memiliki struktur yang berbeda, dan berat molekular yang berbeda, seperti pada produk retinol. Nah, pastikan kamu harus pintar memiliki kandungan alkohol yang terdapat produk perawatan kulit, untuk membantu merawat kulit wajah.

 

Membantu Skincare Meresap Cepat ke Kulit

Produk perawatan kulit yang memilki kandungan alkohol memiliki fungsi sebagai zat pelarut atau pengemulsi. Hal ini juga tergantung pada berat molekul alkohol pada produk tersebut.

Alkohol yang memiliki berat molekul rendah, biasanya berfungsi sebagai pelarut dan membantu produk perawatan kulit lainnya. Produk tersebut juga biasanya meresap lebih cepat ke dalam kulit wajah.

Alkohol isopropyl dan ethanol, merupakan alkohol dengan molekul rendah yang memiliki bentuk cair dan mudah menguap. Produk yang memiliki alkohol berat molekol rendah, bisa digunakan untuk kulit berminyak. Selain itu produk ini membantu produk vitamin c serta retinol bekerja efektif di dalam kulit.

 

Melembapkan Kulit

Alkohol yang terdapat pada produk perawatan kulit, ternyata memiliki manfaat yang baik untuk membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Alkohol yang memiliki kandungan berat molekul yang tinggi, seperti alkohol cetyl, stearyl dan cetearyl sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit.

Alkohol ini bisa membuat lapisan luar kulit terasa lebih lembut dan membantu memperbaiki tekstur kulit, sehingga kulit wajah akan lebih halus. Alkohol yang berfungsi untuk melembapkan kulit, berasal dari asam lemak tanaman atau minyak sayur. Produk ini memiliki tekstur kental dan memiliki tekstur yang berat.

Pilihlah Produk Alkohol yang Sesuai

Agar kandungan alkohol pada produk perawatan kulit tidak mengiritasi wajah, kamu bisa membeli produk tersebut dengan menyesuaikan kondisi masalah kulit yang dimiliki. Bagi yang memiliki kulit berminyak, gunakan produk dengan kandungan tipe alkohol yang ringan di dalamnya untuk membantu mengontrol minyak di kulit wajah.

Untuk yang memiliki jenis kulit kering, bisa menggunakan alkohol seperti cetyl atau stearyl, karena bisa membantu melembapkan kulit. Dan untuk yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati dengan jenis alkohol karena bisa mengiritasi kulit, sehingga gunakanlah kandungan vaseline atau aquaphor.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Merawat Kulit Leher agar Tidak Terjadi Penuaan Dini
Artikel Selanjutnya
Perawatan Tubuh dari Timun dan Lemon yang Bikin Rileks di Era New Normal