Sukses

Beauty

Jerawat di Hidung Ganggu Kenyamanan? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Munculnya jerawat di hidung tak hanya mengganggu penampilan, tapi munculnya jerawat di hidung juga menimbulkan rasa tidak nyaman. Biasanya, kehadiran jerawat di hidung disebabkan oleh infeksi.

Membuang cairan hidung terlalu keras, lukanya area dalam hidung, atau tumbuhnya bulu hidung ke dalam, adalah beberapa penyebab jerawat hidung yang muncul di dalam. Tapi saat jerawat tersebut muncul di atas permukaan, biasanya disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, komedo, hingga produksi minyak yang berlebih.

Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat di hidung yang efektif?

Mengoleskan Obat Jerawat 

Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter biasanya akan memberikan antibiotik berupa salep. Selain itu, ada pula kemungkinan dokter memberikan obat antibiotik yang harus diminum atau memberikan keduanya untuk mempercepat proses penyembuhan.

Terkadang, bahkan perlu dilakukan tindakan bedah drainase (pengeringan) untuk mencegah pembengkakan di area infeksi pada jerawat di hidung bagian dalam.

Namun sebelum mengoleskan obat jerawat di dalam hidung, pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Ini karena area dalam hidung cenderung lebih sensitif dan rentan mengalami iritasi. 

Cara mengatasi jerawat di hidung

Menggunakan Antibiotik

Jerawat yang disebabkan karena infeksi bakteri biasanya dapat diobati dengan antibiotik. Bahkan, untuk jerawat di hidung yang sudah menjadi infeksi berat, maka pengobatan antibiotik perlu diberikan melalui infus di rumah sakit. Kondisi ini juga perlu dipantau oleh dokter secara berkala untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya komplikasi.

Kompres Hidung

Selain pengobatan dengan antibiotik, pada nasal vestibulitis dapat dilakukan kompres hangat ke hidung tiga kali sehari selama 15-20 menit. Hal ini berguna untuk membantu mengeringkan jerawat dan mengurangi nyeri.

Cara mengatas jerawat di hidung

Minum Obat Pereda Nyeri

Apabila nyeri akibat jerawat di hidung tidak membaik dengan kompres hangat, mungkin perlu digunakan obat pereda nyeri. Konsultasikan ke dokter mengenai pilihan obat antinyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen.

Gunakan minyak esensial

Sebelum menggunakan minyak esensial apa pun, pastikan kamu tidak memiliki alergi. Selain itu, tentunya kamu juga harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Silakan gunakan tea tree oil dan minyak daun mimba untuk mengobati jerawat.

#ChangeMaker 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Rangkaian Perawatan Kulit Wajah Cantik dan Cerah Saat di Rumah
Artikel Selanjutnya
Cara Merawat Kulit Siku yang Kering