Sukses

Beauty

Pakar Ungkap Cara Aman Pakai Makeup Agar Terhindar dari Virus di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Selain smartphone dan remote TV, produk makeup dan alat kecantikan masuk ke dalam daftar objek yang perlu di waspadai di masa pandemi. Mengingat makeup sering digunakan dan bersentuhan langsung dengan area mata, hidung, dan mulut.

Dr. Jenna Macciochi dari Universitas Sussex menyebut bahwa virus memang tidak dapat berkembang biak di luar tubuh. Namun ia dapat bertahan di permukaan seperti logam, karton, dan plastik untuk rentang waktu yang beragam. Penelitian pun menunjukkan virus mampu bertahan tiga hari di permukaan plastik dan baja tahan karat.

"Produk kosmetik belum teruji sepengetahuan saya, tapi banyak yang dilengkapi dengan aplikator plastik. Jadi, kita tidak tahu pasti dan sebaiknya hati-hati" ungkap. Dr Jenna seperti dilansir dari Independent pada Jumat (14/8/2020).

Meski belum ada penelitian tentang penularan virus corona lewar produk makeup, fakta bahwa virus dapat bertahan di permukaan plastik dapat menimbulkan risiko terinfeksi. Para pakar pun menyebut beberapa cara yang aman ketika menggunakan makeup di masa pandemi.

 

1. Tidak berbagi produk makeup

Sejak pandemi, konter makeup di seluruh dunia mengubah cara berjualan dengan tidak menyediakan produk tester. Mereka mengadopsi kebijakan touchless untuk mengurangi risiko penularan.

Dengan pemikiran ini, cara terbaik untuk menghindari adanya penularan adalah menghindari berbagi produk atau alat dengan orang lain. Makeup bisa menjadi transmisi kontak virus antarmanusia. Selain virus corona, ada beberapa bakteri dan virus yang kemungkinan bisa tertular lewat berbagi makeup. Seperti herpes dan konjungtivitis.

2. Membersihkan produk makeup

Penting untuk membersihkan produk makeup secara rutin karena bakteri dapat menumpul di permukaan dan menyebabkan infeksi, jerawat, dan memperburuk kondisi kulit. Kamu harus menyeka semua produk makeup setidaknya seminggu sekali menggunakan semprotan antibakteri.

Pastikan kandungan alkoholnya di atas 70 persen untuk memastikan permukaannya didisinfeksi dengan benar. Penyemprotan ini dapat digunakan pada kemasan eksterior maupun produk aslinya. Seperti lipstik, bedak, dan alas bedak.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading