Sukses

Beauty

Tahapan yang Tepat Membersihkan Kuas dan Sponge Makeup di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Penting untuk membersihkan produk makeup secara teratur terutama di masa pandemi seperti ini. Membersihkan produk makeup secara rutin tidak hanya mencegah penumpukan bakteri penyebab jerawat melainkan virus penyebab infeksi.

Menurut Emily-Jane Williams yang merupakan seorang penata rias, membersihkan produk makeup paling tidak dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu menggunakan semprotan antibakteri. Pastikan jenis semprotan antibakteri yang digunakan mengandung 70 persen alkohol untuk memastikan permukaannya didisinfeksi dengan baik.

Meski semprotan antibakteri tidak akan menghilangkan virus, produk alkohol dengan persentase yang tinggi akan membuat virus menjadi tidak aktif dengan memecah lapisan lemak pada virus tersebut. Semprotan ini bisa digunakan pada kemasan produk lipstik, bedak dan alas bedak.

Disarankan juga untuk tidak mengabaikan tas rias. Kamu perlu mengeluarkan semua produk dan peralatan makeup dan pouch untuk diseka satu persatu menggunakan cairan disinfektan. Jangan lupa bagian dalam, luar, dan kompartemen dari masing-masing tempat makeup. Jika dirasa kurang bersih, kamu bisa membersihkannya menggunakan sabun atau masukkan ke dalam alat pencuci piring.

Seberapa sering kamu harus membersihkan produk makeup sebenarnya tergantung pada frekuensi penggunaannya. Semakin sering kamu menggunakan makeup, tentu pembersihannya juga harus dilakukan semakin sering.

 

Tahapan membersikan kuas dan spons

Khusus kuas dan spons kamu bisa membersihkannya dengan beberapa tahap berikut ini

1. Kuas riasan

  • Basahi bulu sikat dengan air hangat, pastikan kamu tidak merendam seluruh sikat di dalam air, karena dapat merusak perekat dan menyebabkan kepala sikat terlepas dari gagangnya.
  • Aduk bulu sikat dengan lembut ke dalam sabun pilihan sampai bulu sikat sepenuhnya tertutup.
  • Untuk lebih membersihkan bulu-bulunya, gosokkan sikat ke permukaan bertekstur, seperti alas silikon khusus dan buat busa untuk memastikan semua produk telah hilang.
  • Bilas semua sabun dan peras sisa sabun. Pastikan kamu mengulanginya beberapa kali untuk memastikan tidak ada sabun yang tersisa. Ulangi proses yang sama jika perlu.
  • Dengan menggunakan handuk, peras air berlebih dengan hati-hati dan bentuk kembali bulu-bulunya sesuai untuk memastikannya kembali ke bentuk aslinya.
  • Letakkan kuas rata dan pastikan Anda tidak mengeringkan semua kuas terlalu berdekatan untuk menghindari kelembapan yang meresap ke dalam gagangnya.

2. Spons

  • Basahi spons dengan air hangat.
  • Gunakan sabun ke dalam spons dan pijat dengan lembut menggunakan jari-jari, untuk memeras produk yang menumpuk, ulangi sampai diperlukan. Bilas hingga air menjadi jernih.
  • Dengan menggunakan handuk bersih, peras kelebihan air dan biarkan hingga kering

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Alami Jerawat Akibat Masker, Drew Barrymore Atasi dengan Cara Ini
Artikel Selanjutnya
6 Cara Perawatan Wajah Awet Muda Sandra Bullock di Usia 56 Tahun dari Minimalis Hingga Ekstrem