Sukses

Beauty

9 Cara Memanfaatkan Platform Digital untuk Bertahan di Industri Kecantikan Selama Pandemi

Fimela.com, Jakarta Industri kecantikan menjadi salah satu bidang yang terdampak pandemi. Banyak makeup artist hingga hairstylist kehilangan kontrak kerja akibat kebijakan PSBB yang sempat berlaku di masa pandemi.

Untuk bisa bertahan berkarya di industri kecantikan, para pelaku usaha harus menemukan cara yang inovatif sebagai bentuk cara beradaptasi di masa pandemi. Menyadari peran pentingnya platform digital untuk membangun portofolio online dalam menciptakan peluang.

Hal ini juga dialami oleh Alyssa Hawadi yang merupakan makeup artist, Anda Arussa seorang Professional Hairstylist, dan Fauzi Hanum yang merupakan Professional Makeup Artist. Meski demikian, ketiganya tetap berusaha produktif dengan memanfaatkan platform digital.

Sebagai e-commerce yang cukup diminati, Shopee menghadirkan fitur ShopeeLive yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku industri kreatif untuk tetap bisa berinteraksi dengan klien mereka. Dengan fitur ini, masyarakat juga bisa dapat secara langsung mendapatkan produk kecantikan favoritnya selama berada di rumah.

 

Memanfaatkan platform digital

Bagaimana cara memanfaatkan platform digital untuk bertahan di industri kecantikan?

1. Mencari ilmu dan mengasah skill make up melalui platform yang sesuaiMengisi waktu luang, kamu bisa menambah skill dan pengetahuan soal makeup dan hairdo dari rumah. Banyak kelas online yang bisa kamu ikuti.

2. Memanfaatkan platform belanja online untuk melengkapi produk dan alat make up dengan promo dan kualitas terbaikSelama masa pandemi ada banyak program promo menarik untuk mendapatkan produk kecantikan favorit. Seperti Shopee 9.9 Super Beauty Day yang akan berlangsung Jumat (28/8/2020). Kamu bisa menemukan produk kecantikan favorit dengan diskon hingga 90persen.

3. Mengetahui market & tren yang sedang berlangsungPenting untuk memahami tren apa yang meliputi makeup dan hairdor. Dengan demikian, kamu bisa menentukan target konsumen yang sesuai dengan makeup dan hairdo yang dimiliki.

4. Mencari peluang dan mempelajari channel pemasaranKamu bisa mulai menggunakan sarana pemasaran apa yang bisa digunakan. Seperti media sosial, platform digital, fitur aplikasi dan kolaborasi untuk membuka peluang baru.

 

5. Rapikan platform yang dapat menjadi digital portfolio

Karena ada lebih banyak waktu di rumah, tidak ada salahnya untuk merapikan kembali portofolio digital. Sehingga meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan klien dan semakin terikat dengan mereka.

6. Share pengetahuan dan tingkatkan interaksi melalui platform digital

Ada baiknya jika ilmu yang kamu miliki dengan orang lain. Dengan demikian, kamu pun meningkatkan interaksi dan orang menjadi semakin mengenal sosokmu.

7. Praktekan protokol kesehatan yang aman dan sesuai

Untuk bisa tetap bekerja di industri kecantikan, penting untuk menerapkan protokol kesehatan yang tepat. Mulai dari penggunaan masker, rajin mencuci tangan, hand sanitizer, hingga memastikan produk yang digunakan sudah disteril.

8. Melakukan kolaborasi

Dengan melakukan kolaborasi akan meningkatkan peluang dan kesempatan untuk menciptakan konten dan inisiatif yang menarik dan bermanfaat.

9. Memperluas networking dengan bergabung dalam komunitas

Banyaknya komunitas kecantikan di masa sekarang bisa kamu manfaatkan untuk menemukan peluang. Perkuat hubungan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama untuk memajukan industri kecantikan.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading