Sukses

Beauty

8 Cara Menyamarkan Pori-Pori Besar saat di Rumah Saja

ringkasan

  • Menurut studi tahun 2016, penyebab utama pori-pori membesar adalah, sebum yang berlebihan, ini terjadi ketika kelenjar sebaceous seseorang menghasilkan banyak minyak
  • Jika seseorang memiliki kulit berminyak, mereka harus memastikan bahwa mereka menggunakan produk yang berbahan dasar air

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya jerawat, pori-pori terlihat besar pun menjadi suatu masalah pada wajah yang harus dibasmi. Pori-pori seseorang mungkin terlihat lebih atau kurang tergantung pada jenis kulitnya.  

Melansir Medicalnewstoday, terdapat dua jenis pori.  Satu melepaskan minyak alami tubuh, yang disebut sebum. Kedua melepaskan keringat, terkadang pori-pori pelepas minyak tampak membesar.Kulit setiap orang ditutupi rambut-rambut kecil, selain di telapak tangan dan kaki mereka.  Setiap folikel rambut memiliki pori-pori di bagian atasnya.Folikel rambut memiliki kelenjar di dalamnya yang menghasilkan minyak.  Ini disebut kelenjar sebaceous.  Saat kelenjar sebaceous melepaskan minyak, minyak naik ke atas kulit dan terkumpul di pori-pori.

Menurut studi tahun 2016 ini, penyebab utama pori-pori membesar adalah, sebum yang berlebihan, ini terjadi ketika kelenjar sebaceous seseorang menghasilkan banyak minyak, dan mereka memiliki kulit berminyak.

Lalu, elastisitas menurun di sekitar pori,, ini terjadi saat kulit menjadi kurang kenyal, dan pori-pori tampak membesar. Dan yang terjadi karena volume folikel rambut meningkat, terjadi ketika pori-pori di ujung folikel rambut tersumbat.

Ketika minyak terkumpul di pori-pori dan bercampur dengan kotoran atau riasan, pori-pori bisa tersumbat.  Ini meregangkan pori, membuatnya terlihat lebih besar dari yang sebenarnya.  Jika pori-pori tetap tersumbat, jerawat bisa berkembang.

Seberapa aktif kelenjar sebaceous seseorang, bergantung pada gennya.  Itu juga tergantung pada ukuran pori-pori mereka. Memiliki pori-pori besar bukanlah masalah kesehatan.  Seperti yang dijelaskan dalam studi tahun 2015 ini, ukuran pori murni merupakan pertimbangan estetika.

Mungkin tidak mungkin untuk menghilangkan pori-pori besar, tetapi kebanyakan orang dapat menguranginya.  Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan memastikan kulit mereka tetap kenyal dan pori-pori mereka tetap tidak tersumbat. Berikut ini beberapa bahan rumahan yang bisa mengurangi pori-pori besar. 

 

1. Memilih produk berbahan dasar air

Jika seseorang memiliki kulit berminyak, mereka harus memastikan bahwa mereka menggunakan produk yang berbahan dasar air.  Menggunakan produk berbahan dasar air mencegah minyak berlebih masuk ke pori-pori.

Seseorang dengan kulit berminyak dan pori-pori besar harus menghindari produk berbasis minyak.  Ini dapat menyebabkan minyak berlebih pada kulit, membuat pori-pori tampak lebih besar. 

2. Membasuh wajah baik pagi dan sore hari

Mencuci wajah adalah perawatan kulit dasar.  Tetapi dengan banyaknya produk yang tersedia, seseorang mungkin lupa untuk menggunakan air hangat dan pembersih.Memiliki kebiasaan mencuci muka yang baik sangatlah penting.  Mencuci wajah setiap pagi dan malam hari membantu menghilangkan minyak dan kotoran dari pori-pori, yang membantu mengecilkan penampilan.

3. Memilih pembersih berbahan dasar gel 

Jika seseorang memiliki kulit berminyak dan ingin mengecilkan pori-porinya, sebaiknya memilih pembersih yang berbahan dasar gel.Pembersih pelembp dapat meninggalkan residu di pori-pori dan meningkatkan sifat berminyak.  Pembersih berbasis gel membantu membersihkan minyak dari pori-pori, mengurangi penampilan mereka. 

4. Exfoliating

Seseorang dengan kulit berminyak harus melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu.  Pengelupasan membantu menghilangkan benda-benda dari pori-pori yang bisa menyumbatnya.  Ini termasuk, kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih.Carilah produk pengelupas yang mengandung asam salisilat, yaitu asam alami yang membantu mengeluarkan kotoran dari pori-pori.Namun, penting untuk tidak melakukan eksfoliasi lebih dari dua kali seminggu. 

Mengelupas terlalu sering dengan produk yang mengandung asam salisilat atau alkohol dapat membuat kulit kering.Meskipun pengelupasan membuat pori-pori tidak tersumbat, pori-pori bisa terlihat lebih besar jika kulit menjadi terlalu kering.

 

5. Melembapkan wajah setiap hari

Ide melembapkan kulit berminyak mungkin berlawanan dengan intuisi.  Namun, ini bisa membantu mengurangi pembesaran pori.Meskipun pembersih pelembap dapat menyumbat pori-pori, sebaliknya, lotion pelembap yang digunakan setelah mencuci dan menepuk kulit hingga kering bermanfaat.Ini karena pelembap menghidrasi dan melembutkan kulit. 

Hal ini memungkinkan sebum untuk menembus lebih dalam ke dalam kulit, daripada duduk di pori-pori di permukaan.Dengan cara ini, pelembap mencegah pori-pori tersumbat oleh minyak, sehingga mengurangi penampilannya.

6. Menerapkan clay mask

Menggunakan clay mask sekali atau dua minggu sekali dapat menghilangkan minyak dan pori-pori. 

7. Selalu menghapus riasan di malam hari

Sangat penting untuk selalu menghapus riasan sebelum tidur. Tidur dengan riasan semalaman dapat menyebabkan pori-pori seseorang tersumbat.  Ini karena riasan, minyak, dan bakteri menumpuk di pori-pori.Menggunakan tisu pembersih adalah cara cepat untuk menghilangkan riasan jika seseorang kekurangan waktu. 

8. Memakai tabir surya

Sangat penting untuk merawat kulit di bawah sinar matahari.  Jika kulit seseorang rusak akibat sinar matahari, ini bisa sangat mengeringkan.  Saat kulit kering, pori-pori mungkin tampak lebih besar.Menjaga kulit terlindung dari sinar matahari membuatnya tetap kenyal gunakan tabir surya. 

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
8 Pilihan Warna Lip Cream untuk Temani Daily Look di Masa New Normal
Artikel Selanjutnya
10 Cara Praktis Mengatasi Permasalahan Komedo di Rumah